Survey SPIN: Ahok full didukung Tionghoa, lainnya nihil

Jelang pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta 2017

Mesin politik PDIP untuk memenangkan paslon Ahok-Djarot disebut tidak jalan./*ist

JURNAL3 | JAKARTA – Survey dan Polling Indonesia (SPIN) mengatakan bahwa 90 % etnis Tionghoa di Jakarta memberikan dukungan ke Basuki Tjahja Purnama alias Ahok di Pilgub DKI Jakarta 2017 nanti.

Hal itu disampaikan Director SPIN Igor Dirgantara, yang menyebut “Bila dilihat dari demografi pemilih Jakarta, berdasarkan etnis Cina (Tionghoa) di Jakarta 90% memberi dukungan penuh kepada pasangan Ahok-Djarot, dibanding Anies-Sandi (4%), Agus-Sylvi (1%), dan yang belum menentukan pilihan (6%). Etnis Cina di DKI Jakarta sekitar 8 % dari total penduduk Jakarta”.

Sementara di etnis Jawa, sambung Igor, sebesar 38% dari penduduk Jakarta, yang memilih Anies-Sandi (23%), Ahok-Djarot (22%), Agus-Sylvi (20%), dan 34 % belum tentukan pilihan.

Sedangkan, untuk etnis Betawi, ujar Igor, yang berjumlah 34% dari masyarakat DKI Jakarta, 29% nya pilih Anies-Sandi, Agus-Sylvi (27%), Ahok-Djarot (12%), dan yang belum tentukan pilihan (31%).

“Etnis Sunda sebesar 14% dari penduduk Jakarta, Agus-Sylvi dipilih sebanyak 29%, sementara Anies-Sandi (21%), Ahok-Djarot (16%), dan ada 34% yang belum menentukan pilihan,”papar pengamat politk dari Universitas Jayabaya itu.

“Di segmen agama, 9% umat Kristiani di Jakarta memilih pasangan Ahok-Djarot (94%), Agus-Sylvi (4%), Anies-Sandi nihil (0%), dan 2% belum tentukan pilihan,” tandasnya.

Untuk diketahui, survey SPIN dilakukan dengan responden 773 dengan menggunakan teknik multistage random sampling. Dengan margin of error 3,5 % dan tingkat kepercayaan 95 %.

Survey dilakukan melalui tatap muka langsung dengan bantuan kuisioner, uji kualitas dilakukan melalui spot check dengan mengambil 20 % dari total sample.@andiherman

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*