Kabareskrim: Penetapan Habib Rizieq sebagai tersangka tinggal tunggu waktu

Polisi pisah enam laporan menjadi tiga kasus

Penetapan Habib Riziieq sebagai tersangka akan dilawan melalui praperadilan oleh FPI./*ist

JURNAL3 | JAKARTA – Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Ari Dono Sukmanto mengatakan penetapan pentolan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab sebagai tersangka dalam sejumlah kasus yang menjeratnya tinggal menunggu waktu saja.

“Ini hanya soal waktu saja, kami lihat waktunya,” kata Ari di Markas Besar Polri, Jakarta Selatan, Kamis (19/01/2017).

Hingga saat ini, terdapat enam laporan dugaan pidana yang dilakukan Rizieq, lima laporan ditangani Polda Metro Jaya, dan satu laporan oleh Polda Jawa Barat.

Enam laporan tersebut dibagi dalam tiga kasus, yaitu pernyataan Rizieq soal ‘palu-arit’ di lembaran mata uang rupiah yang baru, dugaan penodaan agama, serta terkait penodaan dasar negara Pancasila.

Para pelapor Rizieq di antaranya Solidaritas Merah Putih, Jaringan Muda Anti Fitnah (JIMAF), Forum Mahasiswa Pemuda Lintas Agama, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), Student Peace Institute, dan Ketua Umum Partai Nasional Indonesia Marhaenisme Sukmawati Soekarnoputri.

Untuk kasus dugaan penyebaran fitnah dengan menyebut uang baru berlogo palu arit yang ditangani Polda Metro Jaya serta kasus dugaan penodaan Pancasila yang ditangani Polda Jawa Barat statusnya telah ditingkatkan dari tahap penyelidikan menjadi penyidikan.@khoirul

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*