Presiden Jokowi didesak beri semangat untuk KPK

Berani bongkar aktor utama E-KTP, KPK bisa naik kelas

Hingga kini KPK belum pernah merilis ke-14 nama yang mengembalikan duit dari proyek E-KTP./*ilustrasi

JURNAL3 | JAKARTA – Indonesia akan memasuki era baru bila Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mampu mengungkap aktor penting di balik mega korupsi e-KTP sebesar Rp 2,3 triliun.

Menurut Pakar Hukum Tata Negara dari Universitas Parahyangan, Bandung, Asep Warlan Yusuf kasus korupsi tersebut sangat berstruktur dari kacamata dakwaan.

Oleh karenanya, bila kasus e-KTP mampu diselesaikan dengan baik oleh KPK, maka kasus-kasus besar lainnya bakal terungkap. Dan hal itu, ujar Asep, akan membuat ciut nyali para koruptor yang selama ini tidak tersentuh.

“Kalau KPK berhasil ungkap aktor penting kasus e-KTP ini, maka Indonesia akan memasuki era baru di pemerintahan Presiden Jokowi. Karena apa, ini kasus yang luar biasa besar, dan dampaknya masih kita rasakan,” kata Asep, Senin (13/3/2017).

Selain itu, Asep mengharapkan Presiden Joko Widodo terus memberikan semangat kepada KPK untuk menyelesaikan kasus ini sampai ke akar-akarnya. Bagaimana pun, korupsi e-KTP telah banyak membuat kerugian bagi negara, yang berdampak langsung kepada rakyat.

“Saya kira Jokowi harus terus memberikan semangat kepada KPK. Karena apa, karena ini kasus besar, maka sangat rawan sekali adanya upaya kriminalisasi terhadap KPK. Nah ini saya lihat perlu ada semacam bemper dari pemerintah,” pungkasnya.@khoirul

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*