Rekomendasi pilkada calon PDIP tidak serentak

JURNAL3 / SURABAYA – Calon Wali Kota Solo, Makassar, dan calon kepala daerah di seluruh kabupaten di Bali tidak termasuk yang akan diumumkan oleh PDI Perjuangan (PDIP) besok siang, Rabu (19/2/2020), di Kantor DPP PDIP.

Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal PDIP menyampaikan sejumlah alasan berkaitan kebijakan itu setelah mengikuti Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PDIP Jatim di Hotel Utami Sidoarjo, Selasa (18/2/2020).

Hasto menyatakan, PDIP sebenarnya sudah siap mengumumkan calon kepala daerah untuk kota di mana Gibran Rakabuming Raka, putra Joko Widodo Presiden, turut mendaftarkan diri.

“Pada dasarnya Kota Solo sudah siap. Tetapi pelaksanaannya, sesuai aspirasi kader, kemungkinan pada 23 Februari. Bersamaan dengan Bali dan beberapa ibukota provinsi seperti Makassar,” ujarnya.

Sementara untuk seluruh kabupaten penyelenggara Pilkada di Provinsi Bali yang juga tidak diumumkan besok, menurut Hasto, karena 19 Februari bersamaan dengan Hari Raya Galungan.

Dia memastikan, pengumuman calon kepala daerah di Kota Solo, Makassar dan seluruh kabupaten/kota di Bali akan diumumkan secara bersamaan pada 23 Februari yang akan datang atau setelahnya.

Sama-sama tidak diumumkan besok, Hasto tidak menyebut kapan calon wali kota dan wakil wali kota yang akan diusung PDIP di Pilwali Surabaya, akan diumumkan. Menurutnya, partai masih melakukan pemetaan dan survei lanjutan.

Padahal, saat ini, di Surabaya, sudah ada lima partai yang memutuskan untuk berkoalisi mengusung satu pasangan calon dan menyatakan siap untuk berhadap-hadapan dengan PDIP.

Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDIP akan mengumumkan satu calon gubernur dan 49 calon kepala daerah kabupaten/kota yang akan diusung di Pilkada Serentak 2020.

Hasto mengatakan, ada sejumlah daerah dari 19 daerah penyelenggara Pilkada di Jatim yang calonnya turut diumumkan di Kantor DPP PDIP, di Jakarta.

Salah satu calon kepala daerah di Jatim yang akan diumumkan besok adalah calon kepala daerah di Kabupaten Ngawi, daerah yang saat ini dipimpin Budi Sulistyo (Kanang) yang juga Wakil Ketua di DPD PDIP Jatim.@wan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*