5 crazy rich dunia ini rogoh kocek untuk Corona

JURNAL 3 – Wabah virus corona hingga saat ini masih menjadi momok bagi masyarakat seluruh warga dunia. Jumlah penderitanya terus meningkat, demikian juga korban meninggal. Wabah yang bermula di Wuhan, Cina, ini pun telah menyebar ke negara lain hingga Eropa, Kanada, Timur Tengah, Singapura bahkan Indonesia.

Karena tergolong jenis baru, virus ini membutuhkan penanganan yang cepat dan inovatif. Biayanya pun besar. Di China, biaya yang dikeluarkan pemerintah untuk melawan corona mencapai Rp2.000 triliun. Uang ini dialokasikan untuk pembangunan rumah sakit khusus penderita virus corona di Wuhan dan kebutuhan lainnya.

Masyarakat dunia pun bekerja sama untuk memberikan donasi demi menangani virus ini. Beberapa di antaranya adalah pengusaha sukses yang tidak asing lagi.

Berikut adalah lima miluner yang gelontorkan dana untuk hadapi virus corona, seperti dikutip dari Swara Tunaiku.

Bill Gates
Melalui Bill and Melinda Foundation, Pendiri Microsoft ini mendonasikan uang sebesar USD 10 juta atau setara Rp136 miliar untuk menangani virus corona. uit itu enggak cuma ke China tapi juga ke Afrika. Masing-masing negara menerima USD 5 juta dari Gates.  Bill Gates menyumbangkan uang itu untuk biaya pengobatan, penyediaan obat-obatan, serta peningkatan fasilitas penunjang di daerah terinfeksi corona.

Jack Ma
Jack Ma merupakan orang terkaya kedua di China. Dia menyumbangkan dana senilai USD 14 juta atau Rp191 miliar. Jack Ma menginstruksikan agar dana tersebut digunakan untuk pengembangan vaksin corona oleh Kementerian Kesehatan di Republik Tiongkok.  Bukan cuma individu, perusahaan yang didirikan Jack Ma, Alibaba juga tengah menghimpun dana sebesar USD 144 juta atau Rp1,9 triliun. Uang itu akan digunakan untuk membantu rumah sakit di Wuhan.

Baidu, Tencent, Huawei, dan ByteDance
Perusahaan raksasa teknologi di China juga enggak mau ketinggalan untuk membantu penanganan virus corona. Mereka adalah Baidu, Tencent, Huawei, dan ByteDance. Bila digabungkan, perusahaan teknologi ini menyumbang dana senilai USD 115 juta atau Rp1,5 triliun. Sama seperti miliuner lainnya, dana sumbangan itu ditujukan untuk meneliti obat-obatan dan vaksin, serta membantu pemerintah daerah di China. Bantuan dari Huawei sendiri dipakai untuk membantu rumah sakit darurat di Wuhan.

Bernard Arnault dan Francois Pinault
Dua miliuner asal Prancis ini juga ikut menggelontorkan jutaan dolar untuk penanganan virus corona. Kedua CEO LVMH Moet Hennessy ini masing-masing menyumbang USD 2,3 juta atau 31 miliar dan USD 1 juta atau Rp13 miliar untuk penanganan virus corona.

Apple
Tim Cook yang merupakan CEO Apple telah mengumumkan bahwa perusahaan yang dipimpinnya akan membantu penanggulangan corona di China. Alasan mereka jelas, mengingat China merupakan pasar terbesar dari Apple. Cook tidak menjelaskan jumlah sumbangannya.@st/mdk

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*