Kanjeng Mas Ayu Tri Rismaharini, saiki bangsawan rek!

JURNAL3 / SOLO – WaliKota Surabaya Tri Rismaharini mendapat gelar kehormatan dari Keraton Solo. Gelar bertitel Kanjeng Mas Ayu ini setara dengan keluarga kerajaan alias bangsawan. Risma mendapatkannya atas prestasinya sebagai walikota

Proses penyerahan gelar dilaksanakan di dalam Keraton Solo, Rabu (4/3). Prosesi berlangsung begitu khidmat dengan tradisi kesultanan. Risma yang menggunakan setelan kebaya oranye tampak begitu serius mengikuti setiap tahapan prosesi.

Sebenarnya, pemberian gelar ini sempat hendak ditunda. Raja Kasunanan Surakarta Sri Susuhunan Pakubuwana XIII harus ke Istana Merdeka karena dipanggil oleh Presiden Republik Indonesia Joko “Jokowi” Widodo. Tapi karena Risma sudah datang ke Solo, prosesi itu tetap dijalankan.

Risma mendapatkan map besar bersampul merah dengan tulisan ‘Nawala Kakancingan’. Ia mendapatkan nama baru yaitu Kanjeng Mas Ayu Dr. (H.C) Ir. Hj. Tri Rismaharini Kelaswari, M.T. Selain mendapat gelar Kanjeng Mas Ayu, Risma juga mendapat nama belakang baru yaitu Kelaswari.Dengan disematkannya gelar itu, kedudukan Risma setara keluarga bangsawan Keraton Solo. Risma pun bangga atas gelar kehormatan yang diberikan kepadanya.

Kanjeng Raden Mas Patih Kusuma Wicitro menceritakan, tidak ada persyaratan tertentu untuk memberikan gelar kehormatan tersebut kepada orang di luar keraton. Untuk kasus Risma, pemberian gelar itu berdasarkan wangsit yang diterima oleh Sri Susuhunan Pakubuwana XIII.

Bahkan, pertemuan Risma dengan Sri Susuhunan Pakubuwana XIII tersebut merupakan kali pertama. Mereka belum pernah bertatap muka di mana pun. Tapi Susuhan Pakubuwana XIII terkesima atas aksi Risma di media massa.

Gelar itu pun tidak mudah diberikan kepada pihak luar garis keturunan bangsawan. Selain Risma, hanya ada empaT kepala daerah saja yang mendapatkannya. Salah satunya adalah Jokowi yang mendapat gelar itu saat menjabat sebagai walikota Solo.@idn

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*