Ingin Imun dan Mood Kamu Oke, Minum Susu Kedelai Beras Merah

JURNAL3 / SURABAYA – Susu kedelai merupakan salah satu alternatif yang menyehatkan dan meningkatkan imunitas tubuh apalagi di masa Pandemi Covid-19. Nah, secangkir susu kedelai mampu dinikmati dengan sarapan dan sehat yang akan membantu menyehatkan tubuh serta membangkitkan mood yang menyenangkan.

Oleh sebab itulah, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Jurusan Kimia Fakultas Ilmu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) melakukan pelatihan menghasilkan produk susu kedelai beras merah kepada ibu-ibu Dharma Wanita FMIPA Unesa, Senin (11/10/2021).

Dr. Amaria, Ketua Tim PKM Jurusan Kimia FMIPA Unesa menjelaskan “Susu kedelai ini memiliki susunan asam amino hampir mirip dengan susu sapi, tidak mengandung kolesterol dan tidak mengakibatkan alergi sesuai bagi orang-orang penderita lactose intolerance” ujarnya.

“Susu kedelai ini mengandung protein cukup tinggi yaitu 40 – 43 persen. Selain itu juga, mengandung senyawa antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan meskipun kandungannya jauh dibawah kedelai hitam” jelas Dosen Jurusan Kimia, FMIPA Unesa ini.

Ia menjelaskan ada perbedaan susu kedelai dengan lainnya dimana memakai beras merah. Karena beras merah memiliki sumber karbohidrat yang rendah kalorinya. Beras merah juga salah satu alternatif pangan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tinggi serat, bebas gluten, dan tidak mengandung lemak trans.

“Sisi lain, beras merah ini memiliki manfaat luar biasa terutama kesehatan. Nah, manfaat beras merah adalah melawan radikal bebas, menurunkan kolesterol, mencegah penyakit jantung, menurunkan kadar gula darah, mengurangi risiko obesitas, menjaga kesehatan kulit, mengatasi asma, dan menjaga kesehatan tulang gangguan sendi maupun osteoporosis” bebernya.

Diterangkannya, ini baik dikonsumsi bagi ibu yang menyusui. Karena susu kedelai mengandung beras merah ini mampu menjaga kestabilan berat badan, mencegah kelelahan, mencegah depresi pasca melahirkan, menstimulasi hormon, serta memasok energi bagi ibu menyusui, pungkas ketua Tim PKM Kimia FMIPA Unesa./*Syaiful Hidayat

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*