Aiptu Sumilak, Mantri Pasar Wanita yang Bikin Kapolda Jatim Kesengsem

JURNAL3/MOJOKERTO – Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta kesengsem dengan aksi sosial anggotanya, seorang Polisi Wanita, Aiptu Sumilak, anggota SPN Mojokerto, yang merangkap sebagai Mantri Pasar (pembina potensi masyarakat) di Pasar Pon Sawahan Desa Sumbertebu, Mojokerto.

Begitu kesengsemnya sang Kapolda, hingga orang nomor satu di jajaran kepolisian Jatim ini menyempatkan waktu khusus berkunjung tempat dimana Aiptu Sumilak bertugas dan berinteraksi dengan para pedagang pasar, Senin (1/11), didampingi para pejabat utama Polda Jatim bersama Kapolres Mojokerto.

Kedatangan Kapolda untuk memastikan secara langsung apa saja aktivitas yang dilakukan Polwan kelahiran Ponorogo ini sehingga mendapat respon positif dari pedagang pasar setempat.

“Saya dengar langsung anggota kami Aiptu Sumilak, yang dipercaya untuk melakukan pembinaan kepada pedagang di pasar ini, untuk menciptakan suatu sistem sosial di pasar yang baik, diantaranya sistem kebersihan maupun keamanan. Kemudian kenyamanan yang semula di awal tahun 2018 belum tercipta, dengan kehadiran Aiptu Sumilak, menjadi baik. Sampai dia dua kali dia diminta untuk melakukan pembinaan, Kalau bahasa disini disebut Mantri Pasar,” papar Kapolda Jatim.

“Saya dengar nanti ada pemilihan yang ke tiga kalinya, dan Aiptu Sumilak diminta lagi. Saya ikut bangga apa yang sudah dilakukanna. Saya mendengar langsung dari pedagang yang menyatakan bahwa apa yang dilakukan itu melebihi tugas dan tanggung jawabnya,” jelas Kapolda, usai sidak di pasar.

Pengakuan Kapolda Jatim diamini beberapa pedagang pasar, salah satunya Mutmainah. Pedagang pakaian ini menuturkan sejak kehadiran Aiptu Sumilak, situasi di pasar menjadi aman.

“Lingkungan bersih, tidak ada pungli dan premanisme serta bisa tenang dalam berjualan, “ungkapnya.

Hal senada diungkapkan Warti pedagang bumbu dapur. Ia menyebut Aiptu Sumilak adalah sosok yang sangat disiplin dan tegas, sehingga suasana pasar menjadi tertib dan aman.

Sementara itu, Mukhlason, Kepala Desa Sumbertebu, menyampaikan, Aiptu Sumilak akan diminta kembali untuk menjadi mantri pasar ketiga kalinya atas aspirasi para pedagang pasar Pon Sawahan desa Sumbertebu.*/Syaiful Hidayat

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*