Kerjasama dengan PT MSA, Apedi Ingin Pendanaan Usaha Tani Bisa Lewat Tokenisasi

JURNAL3/SURABAYA – Asosiasi Pengusaha Desa Indonesia (APEDI) siang tadi melakukan kerjasama denga PT Mitra Sangkara Abadi (PT MSA), Rabu (10/11/2021). Kerjasama ini adalah untuk memberikan kemudahan pendanaan usaha tani dengan sistem digital melalui Teknologi Blokchain berupa Tokenisasi.

Tokenisasi adalah proses pengubahan berbagai bentuk aset di dunia nyata menjadi bentuk sebuah token yang bisa dipindahkan, disimpan, dan direkam di dalam teknologi blockchain. Tokenisasi juga bisa dibilang sebagai bentuk konversi sebuah nilai yang dimiliki aset tertentu untuk menjadi sebuah token.

“Hari ini kita bekerjasama dengan PT MSA untuk program antara lain pendanaan dengan menggunakan koin atau tokenisasi, pengembangan atau dengan sistem digital. Semoga ini apa yang sudah berjalan, bisa lebih berkembang,” beber Presiden DPP Apedi, Muhammad Irfantro.

Terpisah, Direktur PT MSA, Agustinus Wibisono menjelaskan bahwa, dalam kerjanya Tokenisasi ini sendiri bisa diibaratkan satu perusahaan yang sahamnya dijual ke publik dan dirubah ke token. Dimana jika perusahaan terjadi sesuatu maka masih memiliki nilai dari perusahaan tersebut.

“Dalam dunia pertanian tokensisasi ini sendiri misal satu hektar hektar, misal membuthkan investasi 27 juta, 27 juta itu kalau dimintkan kredit ke bank, mungkin bank akan tanya jaminan apa, tapi kalau saya rubah 27 juta itu saya rubah dalam bentuk 27 juta token. Lalu ini saya jual ke publik. Sehingga 27 juta ini ada 27 ribu orang misal yang beli maka akan lebih muda,” pungkasnya. (Syaiful)

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*