Melalui Sensible, Mahasiswa ITS Menjembatani Psikolog dan Pasien

JURNAL3/SURABAYA – Sivitas akademika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tak henti-hentinya berinovasi di bidang teknologi. Seperti halnya, tiga mahasiswa Departemen Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC) yang membuat membuat Sensible, aplikasi yang menjembatani pasien dan psikolog dengan inovasi tes kepribadian agar mempermudah sesi konsultasi antara psikolog dan pasien.

Kezia Angelique Sidabutar selaku ketua tim memaparkan bahwa Sensible merupakan aplikasi yang mewadahi pasien untuk berkonsultasi dengan psikolog yang sesuai dengan kepribadian dan permasalahan pasien.

“Maka dari itu, menggunakan aplikasi, pengguna diharuskan untuk mengikuti tes kepribadian yang disediakan oleh aplikasi Sensible. Hal tersebut bertujuan untuk menyesuaikan dengan keahlian masing-masing psikolog agar dapat memberikan rekomendasi psikolog yang cocok kepada para pengguna,”ujarnya.

“Mungkin saja ketidakcocokan tersebut bisa terjadi karena perbedaan antara kondisi pasien dengan keahlian psikolog,” ungkap mahasiswi asal Jakarta ini.

“Tujuan utama dari aplikasi Sensible adalah menjawab permasalahan pasien agar menjadi lebih nyaman untuk bercerita ke psikolog. Karena psikolog sudah memahami karakteristik pasien serta kenyamanan bercerita dengan psikolog yang cocok dengan masalah dan kepribadian mereka,”pungkasnya. (Syaiful)

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*