Dekranasda Jatim Bertekad Pulihkan UMKM Melalui Pelatihan Kain Batik

Ketua Dekranasda Jatim Buka Pelatihan Teknik Kolaborasi Inovasi Bordir di Atas Kain Batik

jurnal3.net / JEMBER – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak mendorong para pelaku UMKM terutama pengrajin border dan batik untuk terus bangkit dan berkembang, pasca kelemahan yang terjadi akibat pandemi covid-19. Dengan, melalui pelatihan teknik kolaborasi inovasi border di atas kain batik.

“Mengawinkan bordir dan batik ini bukanlah sesuatu hal yang baru. Ada seni, ada tekniknya, dan ada keindahannya. Jadi pelatihan seperti ini rutin kita lakukan juga sebagai bagian memberikan semangat dan motivasi kepada para pengrajin batik dan bordir agar terus bangkit pasca pelemahan akibat pandemi Covid-19,” kata Arumi, saat membuka Pelatihan Singkat Produk Dekranasda ‘Teknik Kolaborasi Inovasi Bordir di Atas Kain Batik’ di Hotel Aston Jember, Senin (15/11) sore.

Menurutnya, batik dan bordir ini merupakan salah satu warisan budaya yang harus dipertahankan. Apalagi dari setiap motif batik tersirat makna dan arti masing-masing, serta sejarah yang terkandung di dalamnya.

“Dekranasda terus bermitra bersama OPD terkait seperti hari ini kami bersama dengan Dinas Koperasi dan UKM Jatim, untuk bisa memberikan solusi dan sumber ilmu agar UMKM di Jatim bisa terus bangkit,” tandasnya.

Arumi menyadari, selama dua tahun pandemi Covid-19, banyak sektor UMKM yang terdampak, baik dari segi produksi maupun penjualannya. Namun, ia meyakini, kondisi pandemi yang terus melandai saat ini menjadi waktu yang tepat untuk para pengrajin kembali memompa semangatnya untuk terus bangkit.

“Situasi melandai ini membuat ekonomi perlahan bangkit dan inilah saat yang tepat untuk gas lagi semangat kita sembari terus menambah ilmu melalui pelatihan seperti ini. Saya yakin, dengan mulai membaiknya sektor ekonomi, konsumen mulai banyak yang kembali berbelanja produk-produk yang berhubungan dengan lifestyle termasuk batik dan bordir,” pungkasnya. (Syaiful)

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*