Webinar Series Perdana Inspirasi Nusantara, Rahasia Dapur Menulis Artikel Ilmiah dan Memilih Jurnal

Jurnal3.net/ SURABAYA – Inspirasi Nusantara mengadakan webinar series perdana bertajuk “Strategi Menulis Artikel Ilmiah dan Memilih Jurnal Bagi Pemula untuk bidang Ilmu Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, dan Manajemen” pada Kamis (28/10). Webinar ini menghadirkan dua pembicara. Yakni, Muhammad Fajar Wahyudi Rahman (Reviewer Jurnal Internasional Bereputasi dan Editor Jurnal Nasional dan Febrika Yogie Hermanto (Dosen dan Editor Jurnal Nasional) secara daring melalui aplikasi zoom meeting, Kamis (28/10).

Ahmad Ajib Ridlwan, Founder Inspirasi Nusantara, menyampaikan bahwa, Inspirasi Nusantara merupakan sebuah organisasi yang bergerak bidang sosial dan pendidikan. Selain itu juga menerbitkan dua jurnal. Diantaranya, adalah Jurnal Bidang Ekonomi dan Jurnal Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat.

“Kegiatan webinar ini merupakan salah satu bentuk upaya untuk membagikan ilmu kepada adek-adek mahasiswa seluruh Indonesia, dalam menulis artikel ilmiah dan memilih jurnal yang tepat,”jelasnya.

Lanjut, ia menambahkan, Kita ketahui bersama bahwa menulis artikel ilmiah itu memerlukan sebuah teknik yang tepat agar kita bisa diterima di jurnal bereputasi. Tidak hanya dalam menulis saja, tetapi perlu memilih jurnah itu membutuhkan strategi yang tepat.

“Jangan sampai salah memilih jurnal, apalagi yang terpilih adalah jurnal abal-abal. Oleh sebab itu, kegiatan webinar pertama ini saya kira lebih tepat dalam rangka untuk adek-adek mengantarkan dalam menulis artikel ilmiah dan memilih jurnal tepat,”tandasnya.

Terpisah, Muhammad Fajar Wahyudi Rahman, Peneliti Muda Millenial ini menjelaskan banyak orang yang terjadi kesalahpahaman di kalangan akademisi tentang perbedaan Artikel Ilmiah,Jurnal, maupun Penerbit.

“Artikel itu adalah wadah bahan untuk ditulis. Sedangkan, jurnal itu adalah tempat wadah dari beberapa artikel ilmiah,” pungkasnya.(Syaiful)

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*