Gerhana Bulan Sebagian Terjadi Jumat Besok

Foto : Istimewa (doc.situs BMKG)

Jurnal3.net/ SURABAYA – Fenomena alam gerhana bulan kembali terjadi tahun 2021 yaitu Gerhana Bulan Sebagian. Namun, terjadinya Gerhana Bulan Sebagian tahun ini akan terjadi pada tanggal 19 November 2021 (besok). Bahkan, fenomena alam ini sangat jarang terjadi sebelumnya.

Lalu, mana saja daerah yang bisa menyaksikan Gerhana bulan di Jawa Timur? jurnal3.net meringkas ulasan lengkap berikut ini.

Melansir dari situs BMKG, Gerhana Bulan merupakan peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan.

Peristiwa Gerhana Bulan Sebagian terjadi saat sebagian piringan Bulan masuk ke umbra (bayangan utama) Bumi. Akibatnya, saat puncak gerhana terjadi, Bulan akan terlihat berwarna gelap sedikit kemerahan di yang terkena umbra Bumi tersebut.

Adapun Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semua cahayanya sampai ke Bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.

Berikut ini ada 31 di Jawa Timur bisa dapat dinikmati Gerhana Bulan Sebagian. Diantaranya adalah Surabaya, Pacitan, Magetan, Ngawi, Ponorogo, Madiun, Bojonegoro, Trenggalek, Tulungagung, Nganjuk, Kediri, Tuban, Blitar, Jombang, Mojokerto, Lamongan, Batu, Gresik, Sidoarjo, Malang, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Sumenep, Sampang, Pamekasan, Bangkalan, Situbondo, dan Banyuwangi.(Hidayat)

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*