Dekranasda Sidoarjo Diminta Kebut Digitalisasi UMKM

Bupati Sidoarjo Muhdlor dan Ketua Dekranasda Jatim Arumi Bachsin saat menghadiri pelantikan pengurus Dekranasda Sidoarjo, Kamis (18/11) kemarin. (dok. Humas Pemprov)

Jurnal3.net/ SIDOARJO –  Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sidoarjo masa bakti 2021-2024 resmi dilantik oleh Bupati Sidoarjo Ahmad Mudhlor Ali di Pendopo Kabupaten Sidoarjo, Kamis (18/11) kemarin, ketua Dekranasda Sidoarjo dijabat oleh Sa’adah Ahmad Muhdlor Ali. 

Arumi Bachsin Emil Dardak, ketua Dekranasda Jatim menyampaikan, optimism untuk kebangkitan UMKM di Kabupaten Sidoarjo sangat memiliki potensi tinggi, karena bersebelahan dengan Kota Surabaya.

“Antara Dekranasda Sidoarjo dengan pemerintah Kabupaten mempunyai kekuatan yang dapat menjawab tantangan membangkitkan ekonomi utamanya di masa Pandemi,”ucap Istri Emil Dardak.

Lanjut, Arumi juga menambahkan adapun tantangan Dekranasda Jatim saat ini ialah mengenai teknik penjualan yang dilakukan haruslah berbeda daripada sebelumnya. Dimana hal tersebut tidak terlepas dari peran digitalisasi serta diimbangi dengan teknik komunikasi dalam melakukan penjualan.

Terpisah, Bupati Sidoarjo Mudhlor Ali mengatakan bahwa Pemkab Sidoarjo turut memaksimalkan pendampingan bagi pelaku UMKM dan pemberdayaan perempuan. Dimana didalamnya ialah penyiapan program digitalisasi UMKM untuk meningkatkan penjualan produk secara online.

“UMKM Sidoarjo harus masuk dalam ekosistem digital nasional. Ini program yang tidak boleh ditawar. Itu harus dilaksanakan. 54 persen pelaku UMKM di Sidoarjo adalah perempuan, dan 97 persen pekerja UMKM dari total tersebut adalah perempuan. Itu artinya, para perempuan lah yang sejatinya berperan dominan dalam menggerakkan perekonomian,”Pungkasnya. (Hidayat)

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*