Tim ITS Borong Delapan Juara di KRTI 2021

Tim Bayucaraka ITS saat mempersiapkan KRTI 2021. Foto : Humas ITS

Jurnal3.net/ SURABAYA – Mengejutkan, tidak habisnya melahirkan karya-karya hal yang baru sesuai perkembangan teknologi. Itulah kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil menorehkan prestasi kembali dalam dunia robotika nasional.

Kali ini, tak tanggung-tanggung Tim Bayucaraka ITS berhasil memborong delapan Juara dalam Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek RI bekerja sama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta selama enam hari dan berakhir pada Sabtu (20/11) lalu.

Bagus Alifah Hasyim, General Manager Bayucaraka ITS menjelaskan bahwa dalam kompetisi ini, tim Bayucaraka ITS diterjunkan pada empat divisi perlombaan. Di antaranya adalah divisi Racing Plane (RP), Fixed Wing (FW), Vertical Take Off and Landing (VTOL), dan Technology Development (TD).

“Sedangkan divisi TD sendiri memiliki tiga subdivisi, yakni TD Propulsion System, TD Air Frame Innovation, dan TD Flight Controller,” ucapnya.

“Selain itu, kami juga berupaya mengembangkan strategi untuk teknik control system,” ungkap mahasiswa Departemen Teknik Mesin ITS tersebut, dalam rilis terima oleh awak media jurnal3.net. Selasa (22/11).

Pada Racing Plane, lanjut Bagus, terdapat pembagian jobdesk. Yakni mekanik yang bertugas melakukan proses manufaktur, divisi elektronik yang berperan melakukan penataan elektronik yang digunakan, dan divisi Ground Control Station (GCS) yang bertugas melakukan pengaturan pada misi wahana itu sendiri.

Namun, ia berharap adanya perbaikan di tahun mendatang khususnya saat presentasi dan meeting bersama para juri.

“Ke depan, kami menargetkan dapat mendapatkan juara umum seperti halnya tahun lalu dan bisa terus bertarung di kompetisi bergengsi lainnya,” pungkasnya optimistis.(Dayat)

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*