Gubernur Aceh Jajaki Kerja Sama dengan ITS di Sektor Pendidikan

Jurnal3.net / Surabaya – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membuka diri untuk meluaskan jaringan kerja sama. Hal ini dibuktikan dengan diterima kunjungan Gubernur Aceh Nova Iriansyah beserta jajarannya, untuk membahas potensi kerja sama akademik antara ITS dengan PTN di Provinsi Aceh. Selasa (7/12) kemarin sore.


Rektor ITS Mochamad Ashari menyambut kedatangan rombongan dari Provinsi Aceh bersama akademisi dari Universitas Syiah Kuala (USK) di Gedung Rektorat ITS.


Rektor ITS Mochammad Ashari, menyampaikan, Kampus ITS berkomitmen sebagai institusi yang berfokus di bidang teknologi.
“Komitmen tersebut didukung dengan adanya science tehno park (STP) di ITS yang sampai saat ini telah membuahkan sejumlah produk inovatif.


Salah satu produknya pernah dihasilkan yaitu, mobil autonomoues dan robot medical assistanr ITS – Unair,”ujarnya, dalam keterangan tertulis terima media jurnal3.net. Rabu (8/12).


Terpisah, Gubernur Aceh ini mengungkapkan ketertarikannya untuk menjalin hubungan lebih lanjut dalam sektor pendidikan dengan ITS. Hal tersebut dilandasi karena Aceh memiliki jumlah PTN dalam satu provinsi di luar Jawa terbanyak dengan total 13 PTN.


“Oleh karena itu, kerja sama akademik ini jangan hanya berfokus dengan USK, tetapi juga dengan PTN lain di Provinsi Aceh,” harap Nova.


Lebih dalam, Nova turut menuturkan motivasinya melakukan kunjungan ke ITS. Salah satunya ialah karena sejumlah PTN di Aceh masih mengalami ketimpangan dalam segala hal, baik dari jumlah dosen, jumlah mahasiswa, hingga infrastrukturnya.


Selain itu, hal yang juga disoroti Nova adalah kondisi geografis Aceh yang begitu besar dan luas membuat pemerataan pendidikan di Aceh belum tercapai.


“Kami juga ingin mengembangkan universitas di selatan seperti Universitas Teuku Umar dan di pantai timur – utara Aceh yakni Universitas Malikussaleh,” pungkasnya. (dayat)

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*