ObraS KaIN PKK : Dorong Orang Tua Bangun Keluarga Tangguh Digital

Jurnal3.net / Jakarta – Saat ini, kemajuan teknologi telah bagian dari kehidupan masyarakat, termasuk keluarga. Kemajuan ini memiliki dampak positif bagi kehidupan masyarakat dengan berbagai manfaatnya.

Disisi lain, kemajuan ini juga memiliki dampak negatif apabila masyarakat tidak mampu mempelajarinya dengan baik. Maka dari itulah, TP PKK mengadakan Obrolan Santai Kader Inspiratif (ObraS KaIN) PKK edisi 17 secara virtual, Kamis (9/12) kemarin lalu.

Kegiatan ini bertajuk “Orang Tua Membangun Keluarga Tangguh Digital”. Kali ini, Obrolan Santai bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim dengan Tri Tito Karnavian Ketua Umum TP PKK.

Ketua Umum TP PKK, Tri Tito Karnavian mengatakan, Orang Tua perlu membangun sikap bijak dan terbuka agar mampu memahami perkembangan teknologi.

“Pada dasarnya, era digital ini memiliki sebuah tanda kemajuan teknologi informasi yang pasti terjadi dan dialami oleh masyarakat. Apalagi, di tengah masa Pandemi covid-19 ini hampir banyak aktifitas masyarakat yang terbantu dengan kehadiran teknologi atau digital,”ujarnya, dalam keterangan tertulis terima media jurnal3.net. Sabtu (11/12).

Terpisah, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI Nadiem Anwar Makarim mengatakan, tantangan dalam membina keluarga sangat beragam, apalagi dalam bidang teknologi.

“Kecanduaan dalam teknologi pada anak harus disikapi serius oleh para orang tua dan memberikan pemahaman tentang pentingnya literasi digital menjadi hal yang harus dilakukan,” ujar Nadiem.

Literasi digital, kata Nadiem, merupakan hal yang penting bagi perkembangan anak. Kemampuan bernalar kritis bisa menjadi tameng dalam menghadapi banyaknya informasi yang ada di dunia digital.

“Ketika anak mampu berpikir kritis maka pemanfaatan teknologi menjadi hal yang positif dalam menerima informasi yang ada dan membuat merdeka belajar pada anak menjadi kenyataan,” tandas Nadiem. (dayat)

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*