TP PKK Diharapkan Jadi Mitra Desa, Untuk Program Percepatan Angka Stunting


Jurnal3.net / Jakarta – Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Ditjen Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo, menyampaikan, dirinya mendukung TP PKK sebagai mitra Pemerintah dalam mewujudkan program percepatan penurunan angka stunting hingga tingkat desa.

“Peran ini dibutuhkan, mengingat gerakan PKK ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya,”kata Yusharto saat beri sambutan pada Rapat Koordinasi TP PKK dalam rangka mendorong sinergisitas kebijakan perencanaan program Gerakan PKK yang berlangsung di Hotel Bidakara Jakarta Selatan. Jumat (10/12) kemarin.

Yusharto, menjelaskan, stunting merupakan kondisi gagal tumguh akibat kekurangan gizi kronis dan stimulasi psikososial dan paparan infeksi berulang dalam 1000 hari pertama usia seorang bayi.

“Gejala yang dialami, yakni memiliki tubuh pendek karena unsur-unsur gizi yang dibutuhkan untuk mencapai pertumbuhan normal tidak terpenuhi,”kata Yusharto.

Ia pun menegaskan, peran TP PKK sangat dibutuhkan untuk mengedukasi masyarakat, terutama dalam memaksimalkan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) agar bisa dipergunakan sebaik-baiknya.

“Sebab upaya mempercepat penurunan stunting harus dilakukan dengan pendekatan lintas sektor termasuk TP PKK. Dengan demikian, pencegahan terhadap stunting dapat diwujudkan,” tuturnya, dalam keterangan tertulis terima media jurnal3.net. Sabtu (11/12).

“Pendekatan untuk stunting ini harus lintas sektor, dengan demikian kita membutuhkan kementerian yang lain untuk bisa bekerja bersama memanfaatkan Dana Desa yang ada itu untuk melakukan pencegahan terhadap stunting,” pungkasnya. (dayat).

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*