Peran Ibu Penting dalam Ketahanan Keluarga, Kata PKK

Jurnal3.net / Jakarta – Keluarga merupakan lingkungan terdekat bagi anak. Dalam sistem ekologi sosial, keluarga menjadi salah satu lingkungan penentu keoptimalan tumbuh kembang pada anak.

Acara ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK Pusat) Tri Tito Karnavian dalam webinar Obrolan Santai Kader Inspiratif (Obras Kain PKK) yang bertajuk “Ibu sebagai Pendidik Utama Anak untuk Mencapai Ketahanan Keluarga”, Kamis (16/12) kemarin lalu.

“Membangun keluarga sehat, tangguh, dan mampu menghadirkan pengasuhan yang optimal akan berkontribusi terhadap kualitas anak bangsa,” kata Tri.

Tri menambahkan, Para ayah juga dapat berbagi peran dalam mendidik anak dan mempersiapkan masa depan agar terus sejahtera. Sebab, ketahanan keluarga adalah pondasi utama untuk Indonesia Maju.

“Sudah hampir dua tahun kita semua berjuang bersama di tengah Pandemi, dalam prosesnya kita dipaksa untuk bisa keluar dari zona nyaman dan beradaptasi dengan kebiasaan normal yang baru.

Untuk itu, OASE KIM bekerja sama dengan Organisasi Wanita lainnya terus berupaya membantu masyarakat untuk terus mencari solusi agar para wanita Indonesia terus berdaya dan menjadi pendidik yang penuh inspirasi di rumah dan masyarakat,” jelasnya.

Terpisah, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo Ketua Dharma Wanita Persatuan mengatakan, peran keluarga bukan hanya menjaga anak-anak. Menurutnya, mereka harus dipersiapkan untuk nantinya menjalani kehidupan sendiri dan menjadi pribadi yang kelak meneruskan perjuangan kita bersama dalam menyejahterahkan bangsa.

Kata Erni, Ibu merupakan sekolah pertama dan utama bagi anak-anak untuk belajar dan mencontoh. Tidak bisa dipungkiri bahwa kesiapan diri seorang ibu mampu memperkuat pondasi ketahanan keluarga.

“Sebab Ibu bukan hanya tentang mengandung dan melahirkan. Ibu juga merawat, memberikan kasih sayang, menjadi teman bermain, menjadi tempat berbagi pendapat, dan menjadi pendidik,” pungkas. (dayat)

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*