Jatim Seger! Dispora Jatim Ajak Warga Madura Olahraga Tradisional

Dispora Jatim bermain Egrang, Terompah, Gobak Sodor, dll bersama masyarakat Madura di Pelabuhan Wisata Branta Pesisir Pamekasan (dok.istimewa)

Jurnal3.net/Pamekasan – Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Dispora Jatim) mengajak masyarakat Madura permainan olahraga  tradisional seperti Egrang, Terompah, Gobak Sodor, Sumpitan, Okol, dan lain-lain di Pelabuhan Wisata Branta Pesisir Pamekasan. Minggu (30/1/2022), pagi.

Bahkan, masyarakat yang berkunjung ke Pelabuhan Wisata Branta Pesisir ini datang dari segala penjuru dengan sangat antusias dan mengikuti semua jenis permainan olahraga tradisional dengan riang gembira penuh gelak tawa. Selain itu, Dispora Jatim juga didampingi oleh Dispora Pamekasan dan Kepala Desa Branta Pesisir Pamekasan, Madura.

Kepala Bidang Keolahragaan Dispora Provinsi Jawa Timur Firman Syah Ali mengatakan, bahwa kegiatan ini salah satu pelaksanaan program Jatim Seger yang diluncurkan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam Haornas 2019 lalu.

“Dalam Haornas Tahun 2019 lalu, Ibu Gubernur Khofifah Indar Parawansa meluncurkan program Jatim Seger. Untuk melaksanakan program tersebut, Dispora Jatim keliling Jawa Timur mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga,”kata Firman, dalam keterangan tertulis, Rabu (2/2/2022).

Selain itu, Kata Firman, Dispora Jatim sesuai arahan Gubernur harus melestarikan olahraga tradisional jangan sampai hilang ditelan zaman.

“Generasi penerus kita jangan sampai menjadi generasi pecandu gadget, mereka harus diolahragakan, salah satunya ya dengan kegiatan pagi ini,” tukas pria usia 45 yang akrab disapa Cak Firman Arek Wonocolo ini.

Kegiatan ini akan berlangsung terus setiap akhir pekan dan diberi nama Safari Jatim Seger.

“Setiap akhir pekan ini kita laksanakan kegiatan ini ke seluruh titik strategis. Kegiatan ini kami sebut Safari Jatim Seger. Bila masyarakat senang, kami sebagai pelayan masyarakat tentu puas,”pungkasnya. (dayat)

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*