Sehari Ada Dua Ribu Pasien Covid-19 Baru, Khofifah Siapkan RS dan Isoter

Jurnal3.net/Sidoarjo –  Dalam sehari, pasien covid-19 di Jawa Timur bertambah sebanyak 2.154 orang per Sabtu (5/2), terdapat 5.055 kasus covid-19.

Artinya, angka kumulatif konfirmasi kasus Covid-19 mencapai 409.431 kasus dengan penambahan 2.154 kasus baru. Sementara kasus aktif saat ini menyentuh angka 5.055 atau sekitar 1.23%. Sedangkan kasus aktif nasional mencapai 144.497 atau 3.23% dari kasus kumulatif konfirmasi 4.480.423.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa minta pasien dengan gejala ringan melakukan isolasi di rumah sekali atau tempat isolasi terpusat (isoter). Pasien akan mendapat perawatan yang baik untuk mendukung percepatan kesembuhan.

“Fasiitas isolasi terpusat (isoter) ini disiapkan Pemprov Jatim bersama pemkab/pemkot khusus bagi pasien tanpa gejala maupun bergejala ringan,” kata Khofifah saat meninjau RS Lapangan Badan Pengembangan Wilayah Surabaya – Madura (BPWS) sisi bangkalan dan Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Sidoarjo, Minggu (6/2/2022).

Angka tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di jatim per 5 Februari 2022 untuk ICU RS 9 persen, BOR isolasi RS 8 persen, dan BOR RS Darurat 0 persen.

Menurut Khofifah, fasilitas tempat isolasi terpusat bagi pasien Covid-19 tanpa gejala dan dengan gejala ringan.Sementara pasien yang mengalami gejala sedang dan berat akan diarahkan ke fasilitas rumah sakit rujukan covid-19.

Untuk RS Lapangan BPWS sisi bangkalan disiapkan sebanyak 330 tempat tidur (TT) untuk melayani pasien covid-19 tanpa gelaja maupun gejala ringan di wilayah Madura.

Khofifah menjelaskan, isoter di RS Lapangan BPWS juga dilengkapi musala, TV, dan wifi dengan dukungan 82 tenaga Kesehatan dan 6 mobil ambulans yang telah disiagakan. Sedangkan MPP Sidoarjo disiapkan 85 tenaga tidur dengan 10 tenaga Kesehatan dan memiliki fasilitas dan olahraga.

Langkah kuratif Pemprov Jatim, lanjut Khofifah, diantaranya dengan membuka kembali layanan bagi pasien Covid-19. Sejumlah 164 rumah sakit di Jawa Timur kembali membuka layanan tersebut. Juga menyiagakan kembali para tenaga Kesehatan dan relawan.

“Saat ini 164 rumah sakit di Jatim kembali membuka layanan pasien Covid-19. Isoter juga kembali di reaktivasi. saya mohon kita semua waspada tapi jangan panik, Insyaallah pemerintah bekerja keras untuk memberikan perlindungan bagi keselamatan dan perlindungan kesehatan masyarakat,” tutur Khofifah dalam keterangan tertulis jurnal3.net. Senin (7/2/2022).

Khofifah pun menjelaskan isoter-isoter yang saat ini disiapkan adalah untuk memfasilitasi pasien Covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala. Oleh sebab itu ia memastikan bahwa pasien Covid-19 yang bergejala ringan atau tanpa gejala tolong jangan ke rumah sakit. Cukup memilih diarahkan perawatan di isoter-isoter yang telah disiapkan.

“Saya ingin memastikan pasien yang terkonfirmasi Covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala untuk mendapatkan perawatan di isoter-isoter seperti ini, termasuk kemarin saya ke rumah sakit Ijen Boulevard di Malang juga untuk pasien gejala ringan dan tanpa gejala,” pungkasnya. (dayat)

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*