Gelar Rakornas, Kemendagri Luncurkan SIAK Terpusat

Jurnal3.net/Badung – Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas).

Acara tersebut bertajuk SIAK Terpusat: Layanan Adminduk Digital Dalam Genggaman yang diselenggarakan di Hotel Grand Hyatt Bali, Nusa Dua, Kabupaten Badung.

Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan, selain peluncuran SIAK Terpusat.

Selain itu, Rakornas ini juga digelar untuk menguatkan komitmen dan menyamakan persepsi antara jajaran Dukcapil pusat dengan daerah.

Pasalnya, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian memberikan arahan jajaran Dukcapil di seluruh Indonesia mesti memberikan pelayanan yang lebih cepat dan lebih berkualitas.

“Jadi acara Rakornas pada malam hari ini adalah melaksanakan arahan Bapak Menteri,” kata Zudan, Selasa (8/2/2022).

Pada kesempatan yang sama, Zudan juga membahas dukungan Kemendagri terhadap pelaksanaan pemilihan umum dan pilkada serentak tahun 2024.

Zudan menambahkan sesuai jadwal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam draft Peraturan KPU, Kemendagri harus menyerahkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) pada 14 Oktober 2022, yaitu 16 bulan sebelum pencoblosan.

“Ini memerlukan konsolidasi di 514 dinas Dukcapil dan 34 provinsi,” tambah Zudan.

Berdasarkan data sementara yang ada dalam database Dukcapil, Zudan mengungkapkan, secara by name by address terdapat sekitar 206 juta pemilih potensial pemilu.

Angka itu diambil dari jumlah WNI yang sudah berumur 17 tahun pada saat pencoblosan dan bukan merupakan anggota TNI/Polri.

Pemungutan suara Pemilu mendatang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024. (dayat)

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*