Emil Sepakat Lahirkan Wirausaha Muda di Jatim

Talenta Wirausaha Muda Jawa Timur

Jurnal3.net/Malang – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mendukung penuh melahirkan wirausaha muda syariah yang diakselarasi oleh PT Bank Syariah Indonesia (BSI). Ia pun menilai masih banyak potensi yang bisa dimanfaatkan di tanah air ini dan tempat ini tepat juga bagi yang merintis bisnis maupun usaha.

Ditambah lagi, Indonesia ini digadang-gadang potensi dan sumber daya besar dalam perkembangan ekonomi syariah global.

Emil Dardak mengatakan, Di mana, setelah mengalami kontraksi ekonomi sebesar 2,3% pada tahun 2020 lalu, maka itu Jatim harus mampu pulih di tengah krisis ini.

“Untuk kalian yang ingin sukses merintis Wirausaha dan berkembang, kalian ada di tempat yang tepat. Meskipun, ekonomi Jatim ini sempat mengalami kontraksi dan berdampak pada lapangan kerja, sudah bisa bertumbuh 3,57% setelahnya,” Ucap Emil dalam launching Talenta Usaha yang diusung BSI, Senin (14/2/2022).

Perekonomian Jatim merupakan perekonomian terbesar kedua Indonesia setelah Jakarta. Hal ini membuat peluangnya sebagai raksasa ekonomi syariah semakin terbuka lebar.

“Sebenarnya dibanding dengan Brunei Darussalam, kita lebih punya kesempatan yang besar membranding diri dengan ekonomi syariah. Tapi untuk mendapatkan itu, dunia harus mengakui kita dan itulah yang sedang kita upayakan sekarang,” jelas Emil.

Selain itu, lanjut Emil, hal lain yang membuat ekonomi Jatim sangat potensial adalah letak geografis dan rute laut yang dimiliki. Hal itu menjadikan Jatim menjadi penyumbang 20% volume perdagangan Indonesia.

“Ini adalah potensi luar biasa dan merupakan aset besar yang harus kita manfaatkan. Jangan sampai masalah-masalah seperti rasa takut ataupun krisis Covid-19 ini membuat kita enggan mengambil langkah,” tukas dia.

Emil mengapresiasi program yang senantiasa dijalankan oleh BSI. Pasalnya, anak-anak muda membutuhkan support dari berbagai pihak untuk menyukseskan bisnis yang dirintis.

“Dunai terlalu dinamis untuk hidup kita divonis hanya dengan jurusan kuliah. Makanya ada program seperti ini, agar semua prospek bisa diambil oleh semua jurusan. Yang penting gak gaptek dan kreatif. Saya apresiasi sekali BSI atas inovasi ini,” tukasnya.

Talenta Wirausaha BSI ini sendiri merupakan program pembekalan kemampuan wirausaha, kompetisi tingkat nasional, serta pemberian dukungan usaha kepada UMKM-UMKM muda terbaik di Indonesia.

Program ini telah berjalan kurang lebih selama sebulan. Di mana, Jatim merupakan tempat launching pertama sebelum program serupa diadakan di wilayah lain di seluruh Indonesia. (syaiful)

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*