Pemerintah Resmi Perpanjang PPKM Jawa-Bali 1-7 Maret, Ada 7 Daerah Berstatus Level 4

Jurnal3.net/Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri resmi mengumumkan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali selama 1-7 Maret 2022 atau selama sepekan mendatang.

Perpanjangan ini ditegaskan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 13 Tahun 2022 yang terbit pada Senin (28/2/2022) kemarin malam.

Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal ZA mengatakan terdapat perubahan jumlah daerah yang berada pada setial level PPKM Jawa-Bali.

“Terdapat peningkatan jumlah daerah yang berada pada level 4, dari semula 4 daerah menjadi 4 daerah. Yaitu, Cilegon, Sukabumi, Cirebon, Tegal, Salatiga, Magelang, dan Madiun,”ujar Safrizal dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/3/2022).

Selain itu, daerah status level 3 juga meningkat dari 99 daerah menjadi 108 daerah. Sedangkan untuk daerah pada level 2 mengalami penurunan dari 25 daerah menjadi 13 daerah.

“Dan masih belum ada daerag yang ditetapkan menjadi level 1,” ungkap Safrizal.

Dia pun menjelaskan penyebab peningkatan daersh berstatus level 3 dan 4.

Yakni karena syarat vaksinasi yang diperketat sebagai upaya percepatan ke seluruh daerah.

Selain itu per tanggal 1 Maret 2022 pemerintah mulai memberlakukan uji coba pembebasan karantina bagi PPLN yang tiba di Bali.

“Tapi kewaspadaan dan kehati-hatian seluruh pemangku kepentingan serta masyarakat secara luas harus terus dikedepankan,” tukas dia. (syaiful)

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*