Sekda Sidoarjo di-Downgrade Jadi Asisten, Wonten Nopo Pak Bupati?

Ahmad Muhdlor Klaim Bagian dari Penyegaran Organisasi

Bupati Ahmad Muhdlor saat melantik sejumlah pejabat II, III, IV dan pejabat fungsional di jajaran Pemkab Sidoarjo./*kominfosidoarjo

jurnal3.net / SIDOARJO – Jajaran birokrasi Kabupaten Sidoarjo mendapat kejutan besar. Sekretaris Daerah (Sekda) Achmad Zaini dicopot dari jabatannya dan menempati posisi Asisten Administrasi Umum oleh Bupati Ahmad Muhdlor.

Belum ada penjelasan resmi apa latar belakang politis yang mendasari Bupati Muhdlor mencopot Zaini dari jabatan strategis di lingkungan Pemkab Sidoarjo ini. Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan soal alasan dibalik pencopotan Zaini tersebut.

Usai tak lagi menjabat sebagai Sekda, Zaini menempati posisi yang ditinggalkan Sri Witarsih yang sudah memasuki pensiun dari Aparatur Sipil Negara (ASN).

Seperti biasa, pencopotan Sekda Zaini oleh Bupati Muhdlor dikesankan sebagai bagian dari tour of duty alias rotasi biasa. Muhdlor mengklaim, promosi dan rotasi pejabat merupakan bagian dari penyegaran organisasi. Ia menyebut hal itu merupakan hal wajar dan biasa dalam sebuah organisasi pemerintahan.

Oleh karenanya, ia minta semua pejabat yang dilantik untuk bekerja profesional sesuai dengan tupoksinya. Muhdlor menyebut rotasi pejabat merupakan hal yang biasa dalam sebuah organisasi.

Muhdlor beralasan bahwa rotasi pejabat sudah melalui proses penilaian yang kompetitif untuk menduduki pos jabatan yang baru, diantaranya penilaian uji kompetensi yakni kompetensi manajerial, kompetensi teknis, kompetensi sosio kultural, dan kompetensi pemerintahan.

“Plt Sekda akan segera ditunjuk. Seleksi terbuka saat ini sedang dilakukan,” ujar Muhdlor.

Pencopotan Zaini itu terungkap saat pelantikan 107 pejabat struktural eselon II, III, IV dan pejabat fungsional, yang pelaksanaannya dilakukan di tiga lokasi berbeda, yakni di Kantor Bupati Sidoarjo, Pendopo Delta Wibawa dan SMPN 2 Sidoarjo, Rabu (02/03/2022) kemarin.

Dengan kekosongan jabatan Sekda, Bupati Sidoarjo berjanji akan segera menunjuk Plt Sekda untuk melaksanakan tugas-tugas yang ditinggalkan oleh Zaini./ *mashurhidayat

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*