Siswa Banyak Mengukir Prestasi Di Tengah Pandemi

JURNAL3.NET / SURABAYA – Luar biasa, itulah kata yang patut disebutkan kepada siswa SMA Santo Carolus yang telah menuai banyak prestasi. Pandemi tak menghalangi langkah mereka untuk meraih prestasi.

“Hasil tidak akan mengkhianati usaha”. Begitulah sekelumit qoutes yang sering terdengae di telinga kita. Nah kali ini ada yang luar biasa dari siswa SMA Santo Carolus Surabaya Alicia Stefanie Carlenw dari Kelas XI IPA 1 Surabaya.

Perlu diketahui bahwa Alicia ini telah banyak mengikuti lomba hingga berhasil meraih juara di bidang sastra dan sains. Alicia ini sudah mengikuti 13 kompetensi sejak mulai bulan Oktober 2021.

Berikut ini rinciannya. Diantaranya adalah Olimpiade Biologi Nusantara meraih medali emas Tingkat Nasional Osains Indonesia (18 Desember 2022), Juara 1 Lomba Puisi tema “Langit” Tingkat Nasional Penerbit Safana Media Loka (29 November 2021), Juara 2 Lomba Quotes tema “Bersyukur” Tingkat Nasional
Penerbit Safana Media Loka (11 Oktober 2021), Juara 2 Lomba Puisi tema “Love Is Blind” Tingkat Nasional Penerbit Setia Media (17 Oktober 2021), Juara 3 Lomba Quotes tema “Untaian Rasa” Tingkat Nasional
Penerbit Safana Media Loka (13 Oktober 2021).

Juara 3 Lomba Puisi tema “PPKM” Tingkat Nasional
Penerbit Cahaya Pelangi Media (10 Desember 2021), Juara Harapan 1 Lomba Puisi tema “Senja” Tingkat Nasional Penerbit Safana Media Loka (26 Oktober 2021), Juara Harapan 1 Lomba Puisi tema “Setumpuk Diksi Yang Hilang” Tingkat Nasional Penerbit Cahaya Pelangi Media (20 Desember 2021).

Juara Harapan 2 Lomba Puisi tema “Harsa Dalam Aksara Tingkat Nasional Penerbit Safana Media Loka (13 Oktober 2021), Juara Harapan 2 Lomba Puisi tema “Kehidupan” Penerbit Safana Media Loka (15 Oktober 2021), Juara Harapan 2 Lomba Quotes tema “Kejora Aksara” Tingkat Nasional Penerbit Safana Media Loka
(12 November 2021).

Juara Harapan 3 Lomba Puisi tema “Akrostik” Tingkat Nasional Penerbit Literacy With Muzayyanah Sa’diyah Part V (18 November 2021), dan Juara Harapan 3 Lomba Cerpen tema “Nestapa Yang Membisu” Tingkat Nasional Penerbit Safana Media Loka (13 Desember 2021).

Ditanya mengenai motivasi Alicia begitu banyak mengikuti perlombaan di tengah pandemi. “Motivasi saya, tetap berkarya dalam keterpurukan, dan tunjukkan kepada semua orang, bahwa saya pasti bisa meraih prestasi meskipun telah mengalami kegagalan berkali-kali.

“Namun saya tidak akan menyerah begitu saja karena perjalanan saya masih panjang, dan saya tidak mau berdiam diri saja. Saya akan menunjukkan kemampuan terpendam yang saya miliki, dan saya akan tetap mengasah kemampuan tersebut supaya lebih berkembang dan dapat menjadi sumber inspirasi bagi semua orang,” ungkapnya ketika dihubungi. Kamis, (17/3/2022) hari ini.

Alicia juga membagikan tips dan trik yang ia pakai untuk bisa sampai juara di berbagai perlombaan. Pertama, mencari relasi pertemanan seluas mungkin. Kedua mengisi waktu luang dengan aktif mengikuti webinar dengan tema yang beragam.

“Ketiga, berani mencoba untuk mengikuti perlombaan/olimpiade, jangan takut kalah, karena bisa mendapatkan pembelajaran dari kesalahan. Terakhir yang terpenting, jangan malas membaca dan rajin mencari informasi dari berbagai sumber,” tandas dia dalam rilis yang terima media jurnal3.

Sementara itu Wali Kelas XI IPA 1 Bernardina Meida Youcyke menjelaskan, dirinya sebagai wali kelas Alicia turut berbangga dengan hasil prestasinya, kreativitasnya, dan memanfaatkan waktu dalam semua perlombaan.

Menurut dia, yang membuat beda dari Alicia dengan siswa lain yakni, dia diam-diam membuahkan karya, tidak banyak bicara dan selalu bersedia di setiap kegiatan. Kegigihan Alicia dalam berkegiatan patut diacungi jempol.

“Yang saya ingat pesan orangtua Alicia pada anaknya itu selalu mendukung apapun yang menjadi pilihan Alicia. Selagi itu bisa dilakukan Alicia, tiada kata menyerah baginya,” pungkasnya. *Syaiful Hidayat

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*