Seminar Internasional 2022 : IKAFE Unair Dukung Green Economy

JURNAL3.NET / SURABAYA – Pengurus Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga (IKAFE Unair) Surabaya menggelar Seminar Internasional dengan bertajuk “Positioning Indonesia dalam Presidensi G20 di Aula Fadjar Notonegoro Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, Kamis (31/3/2022) lalu.

Seminar yang dilakukan secara tatap muka dan daring, diikuti 100 peserta dengan narasumber yaitu, Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi Moneter Bank Indonesia Sahminan, Economic University Kontigen Jerman Daniey Adi Purwanto, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Senior Urban Economist Team Leader World Bank Thalita Ernandya Yuwono,serta Founder dan CEO Anterin Digital Nusantara Imron Hamzah.

Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi Moneter Bank Indonesia Sahminan menjelaskan, bahwa kerusakan lingkungan dapat berimplikasi terhadap stabilitas moneter dan sistem keuangan seperti gangguan keuangan dan risiko transisi.

“Ketika investasi itu direalisasikan dengan optimal dan menjadi sumber perekonomian maka akan berpengaruh pada pdb. Green central bank diharapkan dapat tangguh menghadapi perubahan iklim dan telah diusahakan untuk menginvestasikan devisa pada aset-aset yang hijau,” kata Sahminan dalam rilis terima media jurnal3, Surabaya. Minggu (3/4/2022).

Sahminan menjelaskan, green economy harus disuarakan, karena kerusakan lingkungan akan berdampak langsung pada kestailan ekonomi. Menurutnya ekonomi dan lingkungan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan baik kegiatan ekonomi maupun kelestarian lingkungan harus berjalan.

Daniey Adi Purwanto ikut berpendapat bahwa, green economy adalah yang sangat penting. Saking pentingnya, ia menyarankan UNAIR ikut menyuarakan perihal green economy.

“UNAIR juga harus ikut menyuarakan green economic sebagai salah satu arah dalam pembangunan nasional,” tegas Daniey.

Setelah itu, Bupati Gresik Gus Yani memberikan pandangannya mengenai potensi pengembangan ekonomi digital di Indonesia. Setelah keynote speech berakhir, peserta dipersilakan untuk ishoma. Makan siang yang dihidangkan berasal dari catering yang berkualitas sehingga semua tamu terlihat sangat menikmatinya. *Syaiful Hidayat

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*