Gubernur Khofifah Saksikan Kepala OPD Masak Aneka Bandeng

JURNAL3.NET / SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyaksikan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masak menu ikan bandeng di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (30/4/2022) dini hari.

Masak bersama ini dilakukan Gubernur dan kepala OPD gelar Qiyamul Lail berjamaah dengan imam Alwi Kepala Dinas Sosial Jawa Timur.

Pada kegiatan memasak kali ini nampak setiap OPD mempersiapkan menu andalan seperti asem-asem bandeng, woku bandeng, kare bandeng, bandeng bakar hingga bandeng yang digoreng dengan sambal terasi. Bahkan ada yang memasak bandeng dengan olahan khas Makassar.

Selama lomba berjalan, Gubernur Khofifah bersama Wagub Emil Dardak berkeliling meninjau masakan di tiap-tiap kepala OPD.

“Bandengnya dimasak apa ini pak? Dari aromanya tercium wangi yang sedap,” tanya gubernur Khofifah kepada salah satu Kepala OPD Jatim sambil tersenyum.

Khofifah mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk berbagi keceriaan di bulan suci Ramadan yang sudah mencapainya. Selain itu juga dilakukan untuk mempererat keguyuban dengan para kepala OPD di lingkup Pemprov Jatim.

“Para kepala OPD memasak Ikan Bandeng yang saya beli kemarin sore di Festival Bandeng di Gresik. Lomba ini memang sengaja kita gelar untuk kemudian disantap bersama-sama sebagai menu utama sahur. Tujuannya ya ingin supaya kita semakin guyub, akrab dan kompak,”ungkap Khofifah.

Total, ada 24 menu masakan hasil racikan kepala dinas Pemprov Jatim. Untuk menentukan pemenang, Gubernur Khofifah menunjuk empat wartawan menjadi juri. “Tujuannya, menilai cita rasa masakan para kepala dinas dalam mengolah Ikan Bandeng,” tuturnya.

Ada tiga kategori penilaian, yakni rasa, penyajian, dan proses memasak. Dari hasil penilaian dewan juri, terpilih enam pemenang dengan berbagai macam kategori. *Syaiful Hidayat

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*