Wapres Ma’ruf Minta Hunian Tetap Warga Terdampak Erupsi Semeru Tak Dijual

JURNAL3.NET / LUMAJANG – Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) KH Ma’ruf Amin berpesan agar masyarakat terdampak erupsi gunung Semeru yange menempati Huntap tidak menjual rumah tersebut.

“Saya minta jangan dijual, karena tidak mustahil melihat suasana yang enak dan nyaman maka dijual. Ini suatu hal yang kita syukuri bersama,” kata Kiai Ma’ruf Amin saat meninjau kawasan Huntap di di Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Kamis (02/6/2022) hari ini, dikutip siaran pers.

Kiai Ma’ruf mengatakan bahwa masyarakat sudah merasa betah tinggal dengan fasilitas dan lingkungan di kawasan huntap tersebut.

Bahkan, setelah melihat langsung kondisi huntap, Ma’ruf berujar bahwa ia bakal betah tinggal di sana.

“Tadi saya masuk, luas sekali. Saya juga betah tinggal disini. Ini jadi kampung yang indah dan tertata dengan baik,” kata dia.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah telah selesai membangun 1.951 Huntap bagi korban erupsi gunung Semeru yang terjadi pada 2021 lalu.

Sementara itu, pemerintah masih berupaya menyelesaikan hunian sementara (Huntara) agar semakin banyak masyarakat yang tertampung disana.

“Dalam waktu paling lambat 3 bulan selesai dan warga sudah bisa tinggal di sini termasuk menikmati fasilitas lainnya,” ucap Mantan Ketua Umum Majelis Umum Indonesia (MUI).

Lebih lanjut, Kata Kiai Ma’ruf, kedepan akan diupayakan setiap warga yang menempati huntap memperoleh sertifikat rumah.

“Akan kami upayakan untuk memperoleh sertifikat,”ucap dia.

Di sela-sela peninjauan huntap dan huntara, terlihat raut wajah warga terdampak korban erupsi gunung Semeru sumringah. Mereka lega setelah beberapa bulan tinggal di pengungsian, kini mereka bisa menempati huntap seperti yang dirasakan pasangan Junaedi (40) dan Tika (27).

Tika mengucapkan rasa bersyukur dan berterima kasih atas perhatiannya Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, dan Bupati Lumajang serta seluruh pihak yang memenuhi kebutuhan para korban erupsi gunung Semeru.

“Setelah ada di sini kami bersyukur karena ada fasilitas kursi, kasur dan peralatan dapur tersedia di sini. Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pak Wapres karena mau menjenguk kami di sini,” ungkapnya.

Tampak hadir pula, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto, dan Bupati Lumajang Thoriqul Haq. *Syaiful Hidayat

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*