Khofifah : Media Online Dapat Memperkuat Ekonomi Kreatif dan Transformasi Digital di Jatim

JURNAL3.NET/SURABAYA – Transformasi digital harus mampu dimanfaatkan untuk menjadi penguatan ekonomi kreatif di Jawa Timur (Jatim). Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, saat menghadiri acara HUT ke-4 Ngopibareng.id dan soft launching Cafe Ngopibareng Baradiawa Surabaya, Selasa (21/6/2022).

Dia juga mengharapkan media online dapat menjadi penguatan ekonomi kreatif Jatim. Sebab, ditengah era transformasi digital saatbini, penyampaian informasi harus disampaikan secara tepat dan cepat.

“Saat ini, transformasi digital di semua sektor dan sendi-sendi kehidupan adalah sebuah keniscayaan. Maka, sebetulnya sektor informatika termasuk di dalamnya adalah bagaimana media-media online ini menjadi bagian untuk bisa mentransfer sangat banyak hal,”kata Khofifah dalam keterangan tertulis diterima redaksi, Rabu (21/6/2022).

Menurut Khofifah, penguatan media online akan ekonomi kreatif menjadi sangat penting. Ia pun mengingatkan prediksi pendiri Alibaba, Jack Ma yang menyatakan bahwa 99 persen perekonomian UMKM dunia pada 2030 akan dilakukan secara oine.

“Dari 99% itu, 85% adalah e-commerce. Sementara 80% backbone perekonomian dunia pada tahun 2030 dipresentasikan ada pada UMKM. Kita ini akan menjadi bagian yang ikut memberikan penguatan format-format seperti itu,”ucap dia.

Lebih lanjut, kata Khofifah, Inovasi-inovasi yang dilakukan oleh berbagai media online seperti pendirian lini bisnis event and communication, data monitoring media, serta cafe Ngopibareng Baradjawa. Ini salah satu yang telah pernah disebutkan oleh Jack Ma tersebut.

“Tak hanya itu, media online dan berbagai inovasinya kelak menjadi wadah bagi talenta-talenta muda dalam mengembangkan kreativitas dalam ekonomi,”tutur Gubernur Khofifah.

Ia pun mengajak semuanya agar bisa dilakukan untuk semakin memaksimalkan ekonomi kreatif bagi Milenial adalah berkolaborasi dengan pemerintah. Salah satunya, Milenial Job Center (MJC) ini.

” Millenial Job Center kalau disinergikan dengan berbagai media on line akan sangat luar biasa sekali. Dengan begitu, media on line dapat menjadi pintu masuk dari penguatan ekonomi kreatif, utamanya untuk para milenial, di Jawa Timur,” pungkas dia. *Syaiful Hidayat

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*