Mahasiswa KKN Untag di Tuban Beri Edukasi Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM

JURNAL3.NET/TUBAN – Era Digitalisasi seperti sekarang ini pengabdian masyarakat atau biasa disebut KKN yang di lakukan oleh mahasiswa jauh lebih mudah karena sudah di dukung oleh teknologi informasi yang dapat membantu dalam pengumpulan data terkait jenis dan strategi.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan hal yang wajib dilakukan sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya. Kampus Untag ini dikenal dengan julukan Merah Putih ini mengadakan kegiatan KKN tiap tahun.

Universitas 17 Agustus atau dikenal dengan julukan Kampus Merah Putih ini menyelenggarakan Kegiatan KKN setiap tahun. Kegiatan tahun ini bertajuk kebangkitan ekonomi kerakyatan di era pandemi covid-19.

Mahasiswa Prodi Administrasi Publik Untag Surabaya Enggar Darmastuti yang dibawah bimbingan Lukman Hakim sebagai dosen pembimbing lapangan. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksakan secara mandiri. Selain itu juga bekerjasama dengan UMKM Uny Collection yang berlokasi di Desa Sidomulyo, RT 02 RW 01, Tuban yang memproduksi berbagai macam souvernir salah satunya Buket Snack. Jumat (03/06/2022) kemarin.

Dengan melakukan pendampingan serta membantu memberikan ide atau inovasi untuk produk baru yang lebih kreatif dan mengedukasi tentang pentingnya strategi pemasaran melalui digital marketing seperti sosial media dan market place sehingga target marketnya lebih luas tidak hanya warga lokal saja.

Dalam dunia pendidikan, Mahasiswa sering di juluki dengan Agen Perubahan yang diharapkan dapat mengubah lingkungan masyarakat di sekitarnya menjadi lebih baik.

Enggar mengatakan bahwa usaha rumahan ini belum sepenuhnya optimal karena kurangnya pengetahuan akan pentingnya strategi pemasaran di tengah banyaknya persaingan.

“Program KKN ini dilakukan untuk membantu mitra agar lebih produktif dan optimal dalam proses produksi hingga pemasaran,”kata Enggar.

Enggar menjelaskan bahwa pengembangan UMKM dengan pemilik mitra melalui pendampingan serta membantu proses produksi, memberikan ide atau inovasi untuk produk baru yang lebih kreatif, dan memperbarui logo produk dan pembuatan akun media sosial serta market place untuk melakukan promosi dan pemasaran produk.

“Dengan adanya KKN dengan program strategi pemasaran ini mitra sangat terbantu dan mengucapkan terima kasih kepada peserta dan Universitas 17 Agustus 1945 yang memberikan pendampingan ini,”pungkas dia. *Syaiful Hidayat

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*