Kloter Pertama Debarkasi Haji Jawa Timur Tiba di Bandara Juanda

JURNAL3.NET/SIDOARJO – Ratusan jemaah haji kloter pertama embarkasi Surabaya asal Tuban tiba di bandara Internasional Juanda. Turun dari pesawat jemaah haji langsung sujud bersyukur.

Jamaah haji berjumlah 450 orang itu tiba di Bandara Juanda pukul 05.50 WIB menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines SV 5004 Boeing 747-400. Dari pantauan jurnal3.net mereka tampak haru saat tiba di bandara Internasional Juanda.

“Alhamdulillah, pagi tadi telah mendarat kloter 1 dan siang nanti sesuai jadwal kloter 2 akan mendarat pukul 12.55 WIB. Jumlah jemaah dari kloter 1 dan 2 hari ini adalah sebanyak 900 jemaah haji. Kloter 1 jemaah dari daerah Tuban dan rencana 450 orang jemaah kloter 2 dari Tuban, Bojonegoro, dan Surabaya. Adapun keberangkatan kedua kloter jemaah haji ini dari Jeddah pada tanggal 16 Juli 2022,”kata General Manager Bandara Udara Internasional Juanda Sisyani Jaffar. Minggu (17/5/2022) lalu.

Sisyani menjelaskan bahwa, jumlah kloter debarkasi yang akan dilayani sama seperti saat embarkasi yaitu sebanyak 38 kloter.

“Untuk jumlah total, berdasarkan data jadwal debarkasi yang kami terima dari PPIH adalah sebanyak 16.968 orang jemaah. Untuk jadwal kepulangan atau debarkasi dimulai hari ini, 17 Juli 2022 dan akan selesai pada tanggal 13 Agustus 2022,”jelasnya dalam keterangan tertulis diterima redaksi, Selasa (19/7/2022) hari ini.

Menurutnya, adapun flow-nya setelah pesawat parkir di parking stand, para jemaah haji langsung turun baik melalui garbarata maupun tangga manual untuk menuju bus angkutan haji yang telah disediakan oleh Panita Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Jawa Timur.

“Kemudian para jemaah haji akan menuju asrama haji untuk dilakukan serangkaian pemeriksaan sebelum kembali ke tempat tinggal masing-masing,” imbuhnya.

Menurut Sisyani pihaknya telah mempersiapkan dengan baik kebutuhan dari sisi pengelola bandara untuk kelancaran penerbangan haji 1443 H/ 2022. Diantaranya adalah memastikan kesiapan fasilitas kebandarudaraan, pengaturan flow jemaah dan kendaraan, hingga pengawalan bus penjemput di sisi udara.

“Kami telah memastikan kesiapan SDM dan fasilitas serta peralatan pendukung angkutan haji tahun 2022 bersama Lanudal Juanda, Kantor Otoritas Bandara Wilayah III, Perum LPPNPI Cabang Surabaya, Kementerian Agama Jawa Timur, Imigrasi, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Saudi Arabian Airlines, JAS, Pertamina dan Perum Damri serta instansi terkait lainnya,” tutur Sisyani.

Sisyani menambahkan bahwa pihaknya juga mengantisipasi jika ada beberapa jadwal penerbangan kepulangan jemaah haji yang akan bersamaan dengan penerbangan reguler.

“Kami telah mengantisipasi dengan memanfaatkan secara maksimal waktu dan mengatur slot parkir pesawat agar tidak berdampak pada operasional bandara serta terus melakukan pemeriksaan secara rutin untuk fasilitas-fasilitas bandara utamanya yang berada di sisi udara,“ sambungnya.

Ia pun menuturkan bahwa manajemen Bandar Udara Internasional Juanda sangat bersyukur dan bangga karena dapat kembali menjadi bagian dalam pelayanan kegiatan angkutan haji.

“Kami juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik dari semua pihak sehingga pelayanan embarkasi kemarin berjalan baik dan lancar, selanjutnya semoga pelayanan debarkasi ini dapat berjalan sama baiknya. Harapan kami dari pelaksanaan haji tahun ini dapat menjadi momentum yang baik, sehingga tahun-tahun selanjutnya penerbangan haji dapat selalu diselengarakan,”pungkasnya. *Syaiful Hidayat

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*