Terpilih dalam Musyawarah IKA FEB Unesa, Adam Rusydi Ajak Perkuat Jejaring dan Sinergi Alumni FEB Unesa, Internal dan Eksternal

JURNAL3.NET/SURABAYA – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) sebagai salah satu PTN terbaik di Indonesia telah mencetak nama besar yang menduduki profesi atau jabatan penting di Indonesia. Termasuk Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNESA (FEB Unesa), terkenal dengan alumni-alumninya yang terus berkontribusi untuk kemajuan almamaternya.

Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya (IKA FEB Unesa) mengadakan temu alumni dan musyawarah 2022 di Gedung Auditorium Lantai 3 Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya (FEB Unesa), Jumat (12/8/2022) kemarin.

Acara ini dihadiri para perwakilan alumnus IKA FEB Unesa dari berbagai angkatan, turut hadir pula sejumlah civitas akademika FEB Unesa. Mulai dari Dekan, Wakil Dekan Kemahasiswaan dan Alumni, Ketua Jurusan, dan beberapa dosen FEB Unesa.

Dalam sambutannya, Dekan FEB Unesa Anang Kistyanto mengatakan bahwa temu alumni dan musyawarah IKA FEB Unesa merupakan kegiatan yang positif, bermanfaat dan strategis untuk pengembangan FEB Unesa maupun IKA FEB Unesa itu sendiri.

“Alumni FEB Unesa memiliki kelebihan yang beragam. Jika alumni ini dihimpun, dikelola dan dikembangkan secara istiqomah akan menjadi modal sosial yang dahsyat dan kuat,”kata Anang.

Lebih lanjut, kata Anang, Kelebihan yang beragam tersebut misalnya membangun unit bisnis yang bergerak di bidang ekonomi kreatif hingga pada bidang pendidikan ekonomi.

“Setelah formatur terpilih, sebaiknya segera menyusun kepengurusan yang futuristik dan merepresentasikan alumni-alumni di seluruh jurusan dari berbagai angkatan. Selanjutnya menyusun dan mengimplementasikan program kerja. Kami yakin pengurus yang terpilih sangat mampu melaksanakan hal ini,”ucap Dekan FEB Unesa.

Anang pun berharap IKA FEB Unesa dapat memberikan support internasionalisasi FEB Unesa. Sehingga visi FEB Bereputasi internasional bisa dicapai bersama-sama.

“Selain itu, mengembangkan unit bisnis yang dapat menghasilkan income generating untuk IKA dan adik-adik mahasiswa, mungkin bisa berupa beasiswa IKA. Selain itu, unit bisnis ini juga diharapkan dapat menjadi wahana implementasi MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) seperti magang, praktisi/alumni mengajar hingga memberikan kesempatan untuk rekrutmen employee yang di ambil dari adik-adik mahasiswa FEB Unesa, dan lain-lain,”ucapnya.

Pada acara musyawarah IKA FEB Unesa ini Adam Rusydi telah terpilih secara aklamasi.

Ketua Formatur IKA FEB terpilih, Adam Rusydi menyampaikan bahwa kegiatan temu alumni dan musyawarah IKA FEB Unesa ini sangat mulia. Karena bertujuan untuk membentuk sebuah ikatan alumni yang dapat dipergunakan sebagai jejaring antar alumni dan adik-adik mahasiswa FEB Unesa.

“Selain itu juga bisa buat jejaring antar alumni dengan kampus dan jejaring antar alumni dengan adik-adik mahasiswa, dimana dalam jejaring tersebut diharapkan ada hubungan simbiosis mutualisme untuk saling support,”ujar Adam.

IKA FEB Unesa ke depan akan berupaya melakukan pemetaan terhadap kebutuhan kampus di dunia kerja, dapat dilinierkan dengan alumni-alumni yang sudah memiliki jaringan bagus dan kuat.

“Kami akan membuat database alumni FEB Unesa. Database tersebut sebagai big data kami untuk mengetahui kebutuhan alumni terhadap kampus, kampus terhadap alumni, dan bagaimana tantangan kedepan baik dari sisi alumni maupun mahasiswa,”jelasnya.

Anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur ini menambahkan, akan terus berupaya untuk membangun jejaring eksternal yang itu bisa dilinierkan dengan kebutuhan alumni dan adik-adik mahasiswa yang ada di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB).

“Kami berharap IKA FEB Unesa bisa menjadi jembatan komunikasi antara alumni dengan dunia kampus, kampus dengan dunia alumni, dan bersinergi dengan kampus untuk mengawal peradaban dan kebutuhan di masa mendatang,” pungkas dia. *Syaiful Hidayat

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*