Sukses di Ajang Media Center Daerah 2022, Kominfo Jatim Butuh PTT Lebih Banyak

Seluruh penerima penghargaan foto bersama di Acara Anugrah Media Center Daerah 2022 di Tangerang Selatan, Banten./*ist

JURNAL3.NET / SURABAYA –  Penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika kepada Media Center Provinsi Jawa Timur, yang dikelola Dinas Kominfo Jatim sebagai kategori Berita Terbaik Pertama dalam Anugerah Media Center Daerah 2022, merupakan pengakuan pemerintah pusat atas kinerja publikasi awak Media Center Jawa Timur.

Kepala Dinas Kominfo Jatim, Dr Hudiyono, MSi, ditemui Jurnal3, Selasa (27/09/2022), di kantor Kominfo Jatim, mengaku bangga atas penghargaan tersebut.

Bagi Hudiyono, penghargaan yang diterima dari Kemenkominfo RI itu adalah bukti pengakuan atas kerja keras Media Center Jatim dalam memproduksi informasi-informasi yang dibutuhkan masyarakat di seluruh wilayah di Jawa Timur.

“Memang kami selama ini selalu berupaya untuk menjadikan Media Center Jatim ini sebagai rujukan informasi kepada masyarakat di Jawa Timur,” ujar Hudiyono.

Namun, Hudiyono mengakui ada kendala dibalik keberhasilan Media Center Jatim ini, yakni kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mempercepat dan memperbanyak proses produksi informasi dan berita dari berbagai wilayah di Jawa Timur.

“Terus terang saja kami butuh SDM untuk memproduksi informasi dan berita. Kami butuh tambahan Pegawai Tidak Tetap (PTT) untuk proses produksi ini. Saat ini Media Center Jatim hanya diawaki 24 tenaga yang terdiri dari 20 petugas reporter (lapangan) dan 4 orang editor, dan statusnya hampir semua PTT,” ungkap Hudiyono.

Dikatakan Hudiyono, dengan diterimanya penghargaan kategori Berita Terbaik Pertama dalam Anugerah Media Center Daerah 2022, pihaknya makin bertekad untuk menjadikan Media Center Jatim makin produktif lagi di masa depan.

“Dengan SDM kurang lebih 24 orang, Alhamdulilah kita bisa mendapatkan penghargaan kategori Berita Terbaik Pertama. Kalau tenaga produksi kita bisa lebih banyak, tentu produksi informasi berita kita makin banyak dan bervariasi. Karena itu kami butuh PTT lebih banyak untuk ini,”  harap Hudiyono.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Timur berhasil meraih penghargaan terbaik pertama sebagai Media Center Provinsi Kategori Berita tahun 2022.

Penghargaan diserahkan dalam ajang Anugerah Media Center Daerah 2022 yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika di Tangerang Selatan, Banten, Senin (26/9/2022) kemarin.

Media Center Provinsi Jawa Timur yang dikelola Dinas Kominfo Jawa Timur menjadi Terbaik Pertama di Indonesia dari 143 Media Center Provinsi dan Kab/Kota Kategori Berita. Adapun proses penilaian dilakukan mulai 1 Januari hingga 31 Desember 2021.

Media Center Provinsi Jawa Timur pada periode tersebut telah mengirimkan berita pada Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik untuk dimuat pada laman infopublik.id yang dikelola Kemenkominfo.

Tidak semua berita yang dikirimkan bisa termuat. Terdapat proses kurasi dan editing secara ketat untuk menjaga kualitas berita yang ditayangkan.

Tercatat total 6.872 berita yang dikirimkan dan yang publis sebanyak 6.115 berita. Sehingga, penilaian tidak hanya secara kuantitas namun juga kualitas berita yang dikirimkan.

Dari jumlah tersebut, Media Center Provinsi Jawa Timur menjadi yang tertinggi dan terbaik se-Indonesia./*Rizal Hasan

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*