Akhiri Penantian 37 Tahun, Jatim Sukses Boyong Gelar Juara Umum MTQ Nasional ke-29

JURNAL3.NET / SURBAYA – Prestasi membanggakan berhasil dipersembahkan kafilah Jawa Timur pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-29 dengan memboyong gelar Juara Umum. Prestasi ini begitu membanggakan lantaran gelar juara umum ini telah terlewat selama 37 tahun sejak tahun 1985.

Piala juara umum tersebut diserahkan untuk Provinsi Jawa Timur pada Penutupan MTQ Nasional ke-29 Tahun 2022 di Kiram Park, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Selasa (18/10/2022) malam.

Atas capaian tersebut, Gubernur Khofifah mengungkapkan rasa syukur dan bangga sekaligus apresiasi setinggi-tingginya pada seluruh kafilah yang terdiri dari peserta, pembina,  pelatih, dan tim official asal Jatim.

Predikat juara umum ini disebut Gubernur Khofifah sebagai kado terindah dalam peringatan HUT ke-77 Jawa Timur.

“Alhamdulillah, alhamdulillah, alhamdulillah. Kafilah MTQ Nasional Jatim di Banjarmasin Juara Umum. Terima kasih atas kerja keras seluruh kafilah, pelatih dan tim ofisial. Ini adalah kado terindah bagi HUT Pemprov Jatim ke-77. Terima kasih banyak semuanya,” ungkap Gubernur Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (18/10/2022) malam.

Sebagai informasi, juara umum ini merupakan ketigakalinya dikantongi Provinsi Jawa Timur  setelah juara umum MTQ Nasional pada tahun 1974 dan 1985.

“Tahun 2020 lalu kita sudah sampai pada posisi peringkat 3. Alhamdulillah sekali lagi, di MTQ Nasional ke-XXIX ini Jatim berhasil jadi juara umum kembali setelah penantian cukup panjang,” katanya

Predikat juara umum ini didapatkan setelah Jatim berhasil menempati posisi peringkat pertama dengan total nilai 87. Di peringkat kedua yakni DKI Jakarta dengan nilai 66.

Kemudian di peringkat ketiga Kalimantan Selatan dengan nilai 62. Di peringkat 4 dan 5 ada Jawa Barat dan Sumatera Barat dengan masing-masing perolehan nilai yakni 43 dan 35.

Kemudian pada peringkat 6 ada Sumatera Utara dengan nilai 22. Disusul Kepulauan Riau pada peringkat 7 dengan nilai 20. Pada peringkat 8 ada Sumatera Selatan dan Aceh yang memiliki nilai sama yakni 12. Peringkat ke-9 ada Jambi dengan nilai 8 dan peringkat 10 dengan nilai 7.

Melihat perolehan nilai yang cukup jauh antara Juara Umum dan peringkat di bawahnya, Khofifah sapaan lekat Gubernur Jatim mengatakan bahwa potensi-potensi talenta muda Jatim perlu dijaga, ditingkatkan serta di kembangkan regenerasinya.

“Ini menunjukan bahwa para kafilah Jatim telah menunjukan upaya terbaiknya. Sehingga piala juara umum bisa didapatkan. Sekali lagi terimakasih semua kerja keras dan ihtiar lahir batin semua kafilah,” ujarnya

Oleh karenanya, kepada para kafilah, Khofifah berpesan untuk terus mengembangkan kualitas diri serta mengembangkan ilmu dan kompetensinya.

Diakhir, dirinya kembali mengungkapkan rasa terima kasih atas kerja keras para kafilah, pendamping, pelatih, dan tim ofisial dalam memberikan hasil terbaik bagi Jawa Timur.

“Saya yakin kebanggaan ini juga turut dirasakan oleh seluruh masyarakat Jawa Timur. Terima kasih seluruh kafilah Jatim dan tim yang mendapingi. Terima kasih atas kado terindahnya bagi masyarakat Jawa Timur,” pungkasnya./*Red

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*