Karena Siap Jadi Capres 2024, PDIP Tegur Lisan Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo (kanan), Hasto Kristiyanto (Tengah) dan Komarudin Watubun di kantor DPP PDIP./*ist

JURNAL3.NET / JAKARTA – PDI Perjuangan menjatuhkan sanksi teguran lisan kepada Ganjar Pranowo soal pernyataannya siap menjadi calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

“Supaya keadilan di partai itu ditegakkan pada seluruh anggota partai dari Sabang sampai Merauke, tadi kami sampaikan jatuhkan sanksi teguran lisan kepada Pak Ganjar Pranowo sebagai kader,” kata Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI Perjuangan, Komarudin Watubu, dalam konferensi pers di kantor DPP usai klarifikasi terhadap Ganjar Pranowo, Senin (24/10/2022).

Kata Komarudin, meskipun tindakan Ganjar itu tidak melanggar aturan dasar dan aturan rumah tangga (AD/ART) partai, tapi pernyataan mengenai siap menjadi capres tersebut menimbulkan multitafsir di tengah masyarakat.

Di samping itu, sanksi teguran lisan juga diberikan kepada Ganjar karena yang bersangkutan adalah kader senior yang sudah sepatutnya lebih menegakkan disiplin.

“Pak Ganjar ini bukan kader baru masuk, beliau ini senior, termasuk senior dalam partai. Beliau ini pertama masuk, di Papua, melakukan kaderisasi di sana. Oleh karena itu, beliau harus lebih berdisiplin,” tegas Komarudin.

Sementara, Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan mengatakan bahwa penegakan disiplin berlaku sama atau adil untuk semua pihak yang ada di PDIP.

“Kongres Kelima PDI Perjuangan telah menetapkan partai ini sebagai partai pelopor. Partai pelopor itu partai yang berdisiplin dalam teori, ideologi sebagai hal paling penting dan mutlak, disiplin dalam organisasi, menjalankan platform partai, dan gerakan ke bawah,” kata dia.

Hasto juga menyampaikan, sebagaimana pesan Megawati Soekarnoputri bahwa seluruh anggota dan kader partai untuk membangun kesabaran revolusioner terkait dengan capres dan cawapres.

Pada momentum yang tepat, lanjut Hasto, capres/cawapres itu pasti akan diumumkan setelah melalui pertimbangan dan pendalaman.

Saat ini skala prioritas bagi seluruh kader partai adalah turun ke bawah membantu bangsa Indonesia menghadapi berbagai persoalan yang ada.

Ganjar Pranowo mengucapkan terima kasih pada Dewan Kehormatan dan Sekjen PDIP yang telah memberikan banyak penjelasan yang terang terhadap dirinya.

Ganjar akan taat pada sanksi lisan yang telah dijatuhkan kepada dirinya.

“Sebagai kader saya taat dan tadi diberikan sanksi lisan tentu ini bagian dari komunikasi publik yang rasanya harus memperbaiki. Dan Pak Sekjen juga bicara PDIP Perjuangan, juga baju saya, semua keputusan terkait dengan Pilpres keputusan Ketua Umum, jadi semua pasti akan mengikuti,” kata Ganjar.

Sekadar diketahui, pemanggilan Ganjar ke Kantor DPP PDI Perjuangan itu tertuang dalam surat bernomor 4545/IN/DPP/X/2022 tertanggal 21 Oktober 2022 perihal untuk klarifikasi. Klarifikasi itu dilakukan di hadapan Komarudin Watubun dan Hasto Kristiyanto./*Riris Hikari

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*