OJK Sebut Nilai Inklusi Keuangan di Jatim Meningkat

JURNAL3.NET / SURABAYA –  Dalam rangka menyambut bulan Inklusi Keuangan 2022, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 4 Jawa Timur mengadakan Jatim Inclusion Festival (JIFest) di Grand Atrium Pakuwon Mall, Surabaya.

Kegiatan itu diselenggarakan selama empat hari berturut-turut, yakni dari tanggal 27 hingga 30 Oktober 2022.

Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) 2 dan Manajemen Strategis OJK Regional 4 Jatim, Dedy Patria, mengatakan, bahwa nilai inklusi keuangan Jawa Timur terus mengalami peningkatan.

Ia mengatakan, pada tahun 2019 nilai inklusi keuangan Jatim berada di angka 89.

“Tadi saya ada acara dengan Gubernur Jawa Timur, beliau menyampaikan bahwa sudah 90 lebih inklusinya. Nanti kita pastikan datanya, yang pasti meningkat terus,” ucapnya, Kamis (27/10/2022).

Meskipun inklusi keuangan di Jatim mengalami peningkatan, ia mengakui bahwa untuk capaian literasi angkanya masih rendah.

“Masih banyak masyarakat yang belum paham terhadap produk keuangan atau investasi yang mereka lakukan,” ucapnya.

Ia juga menambahkan, bahwa kurangnya literasi lah yang membuat banyak orang membeli produk tidak jelas, sehingga terjebak dalam investasi bodong.

Untuk mengatasi hal itu, ia mengatakan akan meningkatkan literasi dengan melakukan sosialisasi serta edukasi.

Menurutnya, agar yang mengalami peningkatan bukan hanya nilai inklusi keuangan, tetapi literasi juga ikut mengalami peningkatan.

“Untuk itu, kita lakukan sosialisasi dan edukasi. Nah, OJK sendiri yang melakukan dengan masyarakat Jatim yang sekian juta itu kan tidak akan mampu. Maka, kita berkolaborasi dengan industri,” ungkapnya.

Oleh karena itu, ia berharap Industri juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekaligus mengenalkan produk-produknya.

Lebih lanjut, ia juga akan mengumpulkan seluruh data dari industri yang bekerjasama, agar dapat mengetahui apa yang telah capai selama festival diselenggarakan.

Ia berharap, acara yang bertajuk JIFest itu, dapat meningkatkan inklusi keuangan dan juga literasi keuangan secara bersamaan./*Red

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*