Tiba di Padang, Sekdaprov Jatim Harap Kafilah Jatim Jadi Juara Umum

Kafilah Jatim pada Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) VI KORPRI Tingkat Nasional Tahun 2022 di Istana Gubernuran Sumatera Barat, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat./*Foto KominfoJatim

JURNAL3.NET / PADANG – Sekdaprov Jatim Adhy Karyono secara khusus menyempatkan hadir langsung dalam pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) VI KORPRI Tingkat Nasional Tahun 2022 di Istana Gubernuran Sumatera Barat, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, Senin (7/11/2022) malam.

Kehadiran Sekdaprov Jatim ini secara khusus untuk menyuntikkan semangat kepada para kafilah dan pembina MTQ KORPRI asal Jawa Timur. Ia berharap para kafilah ini dapat memberikan penampilan terbaiknya sehingga mampu meraih Jura Umum dalam ajang MTQ VI KORPRI Tingkat Nasional Tahun 2022.

“Ibu Gubernur secara khusus menaruh perhatian kepada teman-teman kafilah dari Jatim. Ibu Gubernur senantiasa mendoakan dan memberikan support agar kafilah asal Jatim berhasil meraih juara. Tidak hanya juara 1 di setiap cabang pertandingan, tapi juga diharapkan Jatim bisa meraih juara umum,” kata Adhy.

Adhy mengatakan, doa dan support tidak hanya dari Ibu Gubernur Jatim, namun juga dari seluruh masyarakat Jatim. Termasuk dari seluruh ASN di lingkungan Pemprov Jawa Timur.

Apalagi, lanjutnya, belum lama ini Provinsi Jatim berhasil meraih Juara Umum dalam MTQ Nasional ke-29 Tahun 2022 yang diselenggarakan di Provinsi Kalimantan Selatan (18/10/2022) lalu.

“Belum lama ini Jatim berhasil menyabet Juara Umum dalam MTQ Nasional ke-29 Tahun 2022. Tentunya kami berharap hal ini mampu memberikan semangat dan optimisme bahwa di MTQ Korpri kali ini kafilah Jatim juga bisa menyabet juara umum,” katanya.

Menurutnya, para kafilah dari Jatim ini sebelumnya telah melakukan persiapan dengan matang. Baik proses seleksi, latihan, hingga kesiapan akomodasi selama di Padang. Untuk itu ia berharap para kafilah ini dapat mengikuti lomba dengan baik.

“Kalau dari hasil MTQ Korpri yang ke-5 kemarin kita menjadi juara dua, itupun tidak semua cabang kita ikuti, hanya sekitar 6 cabang. Nah yang sekarang ini dengan kekuatan penuh di 9 cabang,  kami berharap bisa jadi yang terbaik dan juara umum,” katanya.

“Sekali lagi tetap semangat, selamat bermusabaqah, jaga kesehatan, karena musim ini sudah masih kurang baik ya. Tentunya kami semua mensupport dan juga melihat kondisinya bila ada halangan atau apa kita akan coba untuk bantu,” imbuhnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan, kegiatan MTQ Korpri ini menunjukkan bahwa negara mengakomodir, mendorong dan melindungi bentuk syiar agama Islam terutama nilai-nilai Al Qur’an.

“MTQ ini juga sangat berkaitan dengan Korpri. Apalagi Korpri tulang punggung pemerintahan. Harapannya negara kita bisa maju kalau ada clean dan clear government. Ini bisa terjadi kalau sumber dayanya baik, sistem dan sarana prasarana yang baik,” katanya.

“Sumber daya yang baik ini salah satunya dengan menguatkan keimanan dan mendekatkan diri pada Tuhan. Salah satunya melalui kegiatan MTQ ini. Ini akan menjadi rem karena ASN ini kan sebagai aparatur pemerintah,” imbuhnya.

MTQ ke-VI KORPRI Tingkat Nasional Tahun 2022 ini diikuti 1.500 orang baik peserta maupun official yang berasal dari 34 provinsi maupun Kementerian/Lembaga. Tema pelaksanaan MTQ Korpri kali ini adalah ‘Korpri Mengaji, Korpri Berkontribusi, untuk Ibu Pertiwi Menuju Indonesia Mulia’.

Dimana dalam MTQ kali ini Jatim mengirim 26 peserta dan 16 pembina. Dalam gelaran MTQ Korpri ke-VI ini mempertandingkan 9 Jenis cabang, yaitu cabang Tilawah, Hafalan Alquran, Kaligrafi, Dakwah Alquran, Tartil Alquran, Doa dan Adzan.

Dengan  26 Kategori yang diikuti oleh kafilah/perwakilan dari Kementerian, Lembaga dan Provinsi se-Indonesia di 8 venue yang telah dipersiapkan di Kota Padang.

Diantaranya, Masjid Raya Sumbar, Masjid Al-Hakim, Aula Kantor Gubernur, Aula Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Aula UIN Imam Bonjol, Aula SMAN 1 Padang, aula Dinas Kebudayaan dan Labor Komputer CAT BKD Sumbar. /*Red

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*