Kadiskominfo Jatim Hadiri Launching Ameg.id Visual Radio

Kadis Kominfo Jawa Timur Dr Hudiyono./*Foto KominfoJatim

JURNAL3.NET / MALANG – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Hudiyono, mewakili Gubernur Jawa Timur, menghadiri Anniversary 5 tahun Cityguide 911 FM dan launching aplikasi Ameg.id Visual Radio, di studio Jalan Baiduri Pandan Tlogomas, Kota Malang, Rabu, (9/11/2022).

Pada kesempatan itu, Hudiyono menyampaikan harapannya terhadap peluang tenaga kerja baru terutama bagi millenial seiring dengan era kovergensi media.

Dikatakannya, dengan semakin tumbuhnya aplikasi-aplikasi konvergensi media maka juga membutuhkan strategi pengelolaan konten dari para millenial.

“Inovasi yang luar biasa ini cukup keren. Kita saling mendukung upaya-upaya perbaikan kualitas dari penyebaran informasi yang berbasis digital. Dan yang terpenting adalah kolabarasi antara pemerintah, masyarakat, industri,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan, konvergensi media tidak hanya berdampak pada proses jurnalistik serta  perusahaan media, namun juga kehidupan masyarakat.

Mulai dari pola konsumsi berita hingga pentingnya literasi media saat ini. Konvergensi media telah menjadi salah satu fenomena yang tidak dapat dihindari di era digital.

Konvergensi media, kata Hudiyono, sedianya berkontribusi besar dalam memudahkan kehidupan manusia, karena setiap orang menginginkan kemudahan akses melalui satu perangkat dan mekanisme yang praktis.

Namun, dibalik manfaat yang ada, tidak menutup kemungkinan jika fenomena konvergensi media juga menyimpan potensi negatif ke depannya, apalagi jika kita sampai lalai dalam menggunakan media digital.

“Dengan demikian, penting bagi kita semua untuk bijak dalam menggunakan media digital agar dapat memberikan kita manfaat dan bukan malah sebaliknya yang mana media digital justru menjadi malapetaka bagi diri kita,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakannya, saat ini kekompakan semua lini dari hulu hilir adalah sebuah modal utama sebagai sosial capital yang begitu tinggi di Jawa Timur.

Partisipasi masyarakat Jatim sangat luar biasa yang terbukti menjadi modal sosial untuk senantiasa bergerak maju dan melompat lebih jauh.

Oleh karena itu, ia mengajak insan media dan penyiaran, untuk menghadapi tantangan zaman dan ikut mendorong masyarakat Jawa Timur menerapkan IKI (Inisiatif, Kolaborasi, dan Inovasi) dalam kehidupan sehari-hari.

“Sesuai pesan ibu gubernur kita harus bisa menerapkan IKI dalam setiap menghadapi tantangan kehidupan. Dengan demikian Insya Allah kita optimis Jatim pulih lebih cepat, dan bangkit lebih kuat,” harapnya.

Founder Radio City Guide 911 FM, Himawan Mashuri, menyampaikan rasa syukurnya dengan dilaunchingnya aplikasi Ameg.id, sebuah aplikasi konvergensi media dengan radio yang tayang secara visual.

“Radio ini akan seperti televisi, ada gambarnya. Ini radio pertama di Indonesia, yang menggunakan gambar, dan saya ucapkan selamat kepada tema-teman yang juga berhasil menjadi salah satu radio terbaik di Indonesia. Selamat juga kepada teman-teman di City Guide, sebab hasil survei pendengar radio di Malang Raya, 68 persen mendengarkan Radio City Guide,” tuturnya./*Red

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*