Gubernur Khofifah: Kesehatan adalah Modal untuk Jatim Bangkit Lebih Kuat dan Hebat

JURNAL3.NET / SURABAYA – Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati pada tanggal 12 November setiap tahunnya.

Pada tahun 2022 ini, Hari Kesehatan Nasional memasuki peringatan yang ke-58. Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ini bisa menjadi momentum untuk membangun kesadaran dan komitmen masyarakat akan pentingnya kesehatan. Apalagi pascapandemi COVID-19 beberapa tahun terakhir.

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58, Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa HKN kali ini dengan tema “Bangkit lndonesiaku, Sehat Negeriku” menunjukkan bahwa kesehatan akan menjadi prioritas utama yang akan terus dibangun untuk  mewujudkan misi  Optimis Jatim Bangkit. Masyarakat sehat dan ekonomi sehat.

“Kami sangat memahami bahwa isu kesehatan ini adalah isu yang sangat penting mengingat dengan kesehatan kita semua dapat beraktivitas dan kembali produktif. Kesehatan adalah salah satu modal utama untuk mewujudkan Jatim Bangkit lebih kuat dan hebat. Oleh karena itu Pemprov Jatim akan terus memprioritaskan program yang mampu meningkatkan taraf kesehatan masyarakat,” ujar Gubernur Khofifah.

Gubernur Khofifah juga mengingatkan terkait sejarah HKN. Dimana pada era tahun 50-an, penyakit malaria menjadi wabah penyakit yang banyak diderita masyarakat Indonesia. Ratusan ribu jiwa meninggal akibat penyakit tersebut.

Karena itulah pemerintah berusaha melakukan pemberantasan malaria (Malaria eradication) di seluruh wilayah Indonesia. melalui Dinas Pembasmian Malaria untuk menjalankan program tersebut.

Lima tahun program pemberantasan malaria itu pada akhirnya berhasil. Sebanyak 63 juta penduduk Indonesia telah terlindung dari penyakit malaria.

Keberhasilan pemberantasan malaria pada tanggal 12 November 1964 tersebut kemudian diperingati sebagai HKN./*Red

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*