Hadiri Haul RMT Soerjo, Wagub Emil Harapkan Jadi Agenda Tahunan

Wagub Emil Dardak mengikuti Haul Pahlawan Nasional Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo di Magetan./*Foto KominfoJatim

JURNAL3.NET /MAGETAN – Momentum Hari Pahlawan dimanfaatkan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak untuk mengikuti Haul Pahlawan Nasional sekaligus Gubernur Jawa Timur pertama pasca kemerdekaan (1945-1948) Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo di Magetan, Jumat (11/11/2022) malam.

Wagub Emil menegaskan bahwa Haul Pahlawan Nasional RMT. Soerjo ini nantinya akan dijadikan sebagai agenda rutin tahunan dengan mengirimkan doa, yasin dan tahlil yang dampaknya bisa memberikan keberkahan bagi masyarakat Jatim khususnya Kab. Magetan.

“Saya berharap, haul ini bisa memberikan keberkahan. Kami bersama DPRD Jatim berkomitmen bahwa Haul ini akan terus dijadikan sebagai agenda tahunan yang dilakukan secara berkelanjutan,” ungkapnya.

Wagub Emil meyakini, bahwa menghargai perjuangan dan jasa para pahlawan merupakan salah satu bentuk cara menghormati segala bentuk perjuangan dalam menjaga dan membesarkan Jawa Timur dari para penjajah.

Dalam sejarahnya, Gubernur Soerjo bersama arek arek Suroboyo berjuang melawan sekutu sekaligus memekikkan semangat heroik pada tanggal 10 November hingga akhirnya para penjajah dapat dikalahkan.

Wagub Emil menuturkan, bahwa Hari pahlawan menjadi momentum untuk menapaktilasi seluruh perjuangan para pahlawan pendiri bangsa serta pejuang bangsa.

Haul ini, memberikan arti bahwa rekam jejak dari Gubernur Soerjo tidak perlu diragukan dalam berjuang terhadap bangsa dan negara khususnya di Jatim.

“Hari pahlawan menjadi momentum untuk napak tilas atau mengingat sejarah perjuangan para pahlawan bangsa. Utamanya kepada Gubernur Soerjo yang memiliki rekam jejak yangbl ternyata ikut membakar semangat arek arek Suroboyo untuk melawan sekutu dari Surabaya,” tegasnya.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Jatim Kusnadi mengajak masyarakat Magetan untuk senantiasa mendoakan para pahlawan bangsa dan negara khususnya pemimpin Jawa Timur yakni Gubernur Soerjo.

“Kami melihat banyak anak anak dan cucu kami tidak mengenal sosok pahlawan nasional Gubernur Soerjo. Oleh karenanya, DPRD Jatim terus berkomunikasi dengan Ibu Gubernur dan Wagub Jatim agar haul Gubernur Soerjo yang juga sebagai pahlawan nasional bisa diselenggarakan setiap tahunnya. Gubernur Soerjo ini  telah meletakkan sejarah perjuangan utamanya perjuangan 10 November 1945,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Bupati Magetan, Suprawoto mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya pada hari ini dan berharap setiap tahun bisa dilaksanakan sehingga membawa berkah bagi masyarakat Magetan.

Keteladanan Gubernur Soerjo tidak perlu diragukan setelah menjabat Bupati Magetan hingga menjadi Gubernur Jatim memberikan keteladan dan sebagai generasi penerus Gubernur Soerjo bisa memberikan keteladanan.

“Kami berharap haul RM Soerjo ini bisa dilaksanakan setiap tahun sehingga memberikan keberkahan bagi masyarakat Magetan,” tutupnya. /*Red

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*