Pagelaran UMKM dan Budaya Jawa Timur Dibuka

Sekdaprov Jatim Adhy Karyono (kiri, baju merah) saat memberikan plakat kepada Ketua HDCI Jawa Timur, Tony Wahyudi (kanan)./*Foto KominfoJatim

JURNAL3.NET / SURABAYA – Memeriahkan Hari Jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur sekaligus memperingati Hari Pahlawan,  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) bekerja sama dengan Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) mengadakan Pagelaran UMKM dan Budaya Jawa Timur serta Pahlawan Tour XIII 2022.

Kegiatan yang dilangsungkan di Jl. Simpang Dukuh, Surabaya ini diikuti 200 pelaku UMKM se- Jawa Timur, yang digelar selama tiga hari, dari Jumat – Minggu (11-13/11/2022).

Pada kesempatan ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono, mewakili Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, membuka acara tersebut, Jumat (11/11/2022) malam.

Ia menyampaikan, dalam upaya pembangunan tidak hanya pemerintah saja yang melaksanakannya tetapi juga masyarakat, terutama HDCI yang punya potensi besar memberi keberkahan bagi warga sekitar.

Menurutnya, Jawa Timur merupakan provinsi yang luar biasa, dinamis, masyarakatnya sangat kuat dan survive.

Hal ini bisa dilihat dari pasca pandemi Covid-19, pertumbuhan ekonomi dan investasi Jawa Timur masih terdepan, bahkan sekarang angka pengangguran dan kemiskinan menurun.

“Ini semua karena basic atau penyangga ekonomi di Jawa Timur adalah UMKM. Ada 9,7 juta UMKM di provinsi ini, itulah yang membuat Jawa Timur tidak terasa ada Covid, tidak terasa ada inflasi, dan kenaikan BBM. Sebab semakin banyak juga mitra – mitra pemerintah yang bersedia melakukan bantuan – bantuan,” terang Adhy.

Sementara itu melihat historis HDCI, dikatakan Adhy, selama pandemi Covid HDCI terdepan dalam mengatasinya, pasca Covid pun juga demikian kehadiran HDCI selalu ditunggu – tunggu bukan karena kehadirannya yang mengundang kemacetan, tetapi meyakini bahwa HDCI datang membawa berkah bagi masyarakat Jawa Timur.

Di akhir sambutannya, Adhy menyampaikan, saat ini situasi ekonomi internasional menghadapi krisis dan resesi, namun Jawa Timur tetap punya potensi untuk bangkit.

“Provinsi ini punya tantangan yang luar biasa, ketika internasional sedang menghadapi resesi, baik resesi energi maupun ekonomi. Sebagai penyangga wilayah timur dengan tingkat ekspor yang sangat tinggi, kita yakin Jawa Timur tetap akan bangkit dan bergerak sesuai dengan moto kita Optimis Jatim Bangkit,” ujarnya.

Usai memberikan sambutan, Sekda Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono bersama dengan Plt. Ketua Umum HDCI Pusat, Husdi Karyono dan Ketua HDCI Jawa Timur, Tony Wahyudi meresmikan rangkaian acara Pagelaran UMKM dan Budaya Jawa Timur serta  Pahlawan Tour XIII 2022, yang akan dilaksanakan selama tiga hari itu.

Sebagai informasi, acara ini dihadiri pula oleh Asisten II Pemerintah Kota Surabaya, Irvan Widyanto, mewakili Walikota Surabaya yang berhalangan hadir, para pimpinan Forkopimda, Ketua HDCI Jawa Timur Tony Wahyudi, Ketua Pemda HDCI se – Indonesia, Ketua Pengcap HDCI se – Indonesia, anggota HDCI Surabaya, para veteran perang, HDCI USA, Bikers Malaysia, serta warga sekitar Simpang Dukuh. /*Red

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*