Lamongan Raih Anugerah Railways Safety Award 2022

Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi (kanan) saat menerima penghargaan Railways Safety Award 2022, di The ZHM Premier By Grand Zuri Padang./*Foto KominfoJatim

JURNAL3.NET / PADANG – Lamongan meraih Railways Safety Award 2022, Rabu (16/11/2022) di The ZHM Premier By Grand Zuri Padang.

Penghargaan yang diserahkan Direktur Keselamatan Perkeretaapian Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Edi Nursalam ini, merupakan apresiasi dari komitmen yang dilakukan Lamongan dalam menciptakan perlintasan sebidang perkeretaapian yang berkeselamatan.

“Alhamdulillah kita dianugerahi penghargaan Railways Safety Award 2022. Itu menunjukkan bahwa Pemerintah Pusat memberikan apresiasi terhadap kinerja kita, khususnya dalam menciptakan perlintasan sebidang perkeretaapian yang berkeselamatan atau dapat menekan angka kecelakaan,” tutur Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, setelah menerima penghargaan yang baru pertama kali digelar oleh Ditjen Perkeretaapian Kemenhub pada 2022, dikutip dari rilis Diskominfo Lamongan.

Menurut Bupati yang akrab disapa Pak Yes itu, Lamongan memenuhi penilaian Railways Safety Award 2022.

Penilaian yang dilakukan pada pembangunan pos jaga di perlintasan sebidang, meliputi sisi organisasi, yaitu soal perencanaan, tata ruang, dan anggaran, lalu dari sisi pemanfaatan teknologi, dan dari sisi Standar Operasional Prosedur (SOP).

Bupati yang akrab disapa Pak Yes itu menerangkan, progres Lamongan melalui Dinas Perhubungan yang mengadakan pembangunan palang pintu perlintasan sebidang secara bertahap.

Terdapat tiga dari 44  Jalur Perlintasan Langsung (JPL) yang sudah rampung, tahap selanjutnya adalah tujuh titik lokasi paling prioritas yang rawan terjadi kecelakaan karena tingginya volume lalu lintas yang melintasi perlintasan tersebut.

“Kita melihat palang pintu perlintasan KA yang sudah rampung dibuat ada 3, selanjutnya kita akan melangsungkan pembangunan di tujuh titik rawan jalur perlintasan sebidang yang menjadi prioritas. Dimana titik rawan tersebut tinggi volume lalu lintas,” terang Pak Yes.

Titik yang akan digarap selanjutnya ialah Plaosan – Babat (JPL 262), titik Moropelang – Babat (JPL 269), titik Waru Kulon – Pucuk (JPL 281), titik Sumlaran – Sukodadi (JPL 295), titik Desa Karanglangit (Kec. Lamongan – JPL 308), titik Dusun Pondok Desa Pandanpancur – Kecamatan Deket (JPL 332), dan titik Deket Wetan – Kecamatan Deket (JPL 329). /*Red

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*