Diskop-UKM Jatim Adakan Pembinaan bagi Koperasi Berskala Provinsi

JURNAL3.NET / SURABAYA – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Diskop-UKM) Provinsi Jawa Timur kembali menyelenggarakan Pembinaan dan Bimbingan bagi Koperasi Skala Provinsi, Senin (21/11/2022) di kantor Diskop-UKM Jatim.

Mewakili Kepala Diskop-UKM Jatim, Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi, Cepi Sukur Laksana berkesempatan membuka kegiatan ini.

Ia menerangkan, jumlah koperasi di Jawa Timur terdiri dari 213 koperasi berskala nasional, 21.934 koperasi berskala kabupaten/kota, dan 976 berskala provinsi yang tersebar di seluruh Jawa Timur.

“Total keseluruhan lebih dari 127.000 unit koperasi di seluruh Indonesia, 30 persen di antaranya berdomisili di Jawa Timur. Ini menunjukkan antusiasme pegiat koperasi Jawa Timur,” ungkap Cepi dalam acara yang dihadiri oleh 40 perwakilan koperasi berskala provinsi dari Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik.

Adapun Pengawas Koperasi Ahli Muda, Gemilang Yudha Wahyu Perdana mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan informasi tentang pentingnya pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) koperasi serta pengawasan pemeriksaan kesehatan koperasi.

“Jadi ini bertujuan memberikan panduan tentang tata cara penyelenggaraan RAT, mekanisme pelaporan pertanggungjawaban pengurus, dan mekanisme pemeriksaan kesehatan koperasi,” imbuh Gemilang.

Turut hadir memberikan pembinaan dan bimbingan yaitu Pengawas Koperasi Ahli Madya, Hendraswari; Pengawas Koperasi Ahli Muda, Syamsul Hidayat; dan Pengawas Koperasi Ahli Pertama, Yogi Wasisno. /*Red

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*