Gubernur Khofifah Terima Satyalancana Dharma Aditya Karya Mahatva Yodha Utama

Sekdaprov Jatim, Adhy Karyono, dalam acara peringatan HUT ke-62 dan Bulan Bakti Karang Taruna Nasional, yang diselenggarakan di Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah./*Foto KominfoJatim

JURNAL3.NET / SOLO – Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menerima Satyalancana Dharma Aditya Karya Mahatva Yodha Utama (AKMY) Awards 2022, dari Pengurus Nasional Karang Taruna.

Penghargaan tersebut diterima oleh Sekdaprov Jatim, Adhy Karyono dalam acara peringatan HUT ke-62 dan Bulan Bakti Karang Taruna Nasional, yang diselenggarakan di Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (30/11/2022) malam.

Berdasarkan keputusan Pengurus Nasional Karang Taruna, penghargaan diberikan kepada Gubernur Jatim sebagai apresiasi atas karya bakti dan pengabdian sosial yang telah dilakukan bersama-sama, serta berkolaborasi dengan Karang Taruna.

 Tercatat, ada sebanyak 57 Kepala Daerah di Indonesia yakni diantaranya Gubernur, Wali Kota, dan Bupati yang mendapatkan penghargaan Satyalancana Aditya Karya Mahatva Yodha (AMKY) Tahun 2022, dan salah satunya diterima Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa merupakan kategori Utama.

Dalam kesempatan itu, Ketua Pengurus Nasional Karang Taruna Didik Mukrianto menyampaikan, penghargaan yang diberikan kepada 57 kepala daerah itu, merupakan bentuk apresiasi karena dinilai telah memberikan karya bakti dan pengabdian sosial bersama Karang Taruna.

Ia berharap, penghargaan yang diberikan mampu menumbuhkembangkan sikap keteladanan, kejuangan dan motivasi dalam meningkatkan karya bakti dan pengabdian sosial untuk bangsa, negara dan masyarakat.

Perlu diketahui, dalam rangkaian acara tersebut, Pengurus Nasional Karang Taruna juga menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) dan Expo.

Karang Taruna adalah organisasi kepemudaan di Indonesia yang dibentuk oleh masyarakat sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh, dan berkembang atas dasar kesadaran serta tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk generasi muda, yang berorientasi pada tercapainya kesejahteraan sosial bagi masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Karangtaruna Jatim, Agus Maimun mengatakan, Satyalancana Dharma Aditya Karya Mahatva Yodha Utama (AKMY) Awards 2022 merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Pengurus Nasional Karangtaruna kepada kepala daerah atas kepeduliannya dan sinergitas bersama Karangtaruna dalam mewujudkan program-program pembangunan.

“Kami sangat berbahagia atas diraihnya penghargaan ini. Karena kami terus termotivasi untuk mewujudkan program-program kepemudaan dengan sinergitas yang sangat baik selama ini terjalin,” terang Agus Maimun yang kini terpilih kembali menjadi Ketua Karangtaruna Provinsi Jatim di periode kedua.

Berbagai bentuk dukungan diberikan Pemprov Jatim, mulai pelatihan kerja hingga intervensi lainnya.

”Misalnya, Karang Taruna memiliki lahan. Maka, intervensi yang berikan akan sesuai dengan potensi dan inisiatif mereka,” katanya.

Pihaknya tak memungkiri, bahwa Karang Taruna menjadi salah satu motor penggerak yang bisa menjangkau kalangan pemuda, khususnya usia angkatan kerja./*Red

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*