Wagub Emil Berharap Hubungan Baik Jawa Timur-Surakarta

Wagub Jatim Emil Dardak saat silaturahmi dengan Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah./*KominfoJatim

JURNAL3.NET / SURAKARTA – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengharapkan terjalinnya hubungan baik antara Jawa Timur dan Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Pasalnya, akan ada banyak manfaat yang akan dirasakan masyarakat jika Jawa Timur dan Kota Surakarta membangun sinergitas kuat. Terlebih keduanya merupakan daerah yang saling bertetangga dekat.

“Tadi pembicaraan kami seru sekali dan ternyata Mas Walikota punya banyak visi untuk mempererat persahabatan antara Solo dengan kabupaten/kota di Jawa Timur seperti dengan Madiun dan Ngawi,” ucapnya saat silaturahmi dengan Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (20/1/2023).

“Kita kebayang bahwa kita bisa maju bersama, sekaligus melanjutkan apa yang sudah dirintis di sini. Bukan tentang menang kalah, tapi menang bersama. Tentu ini akan jadi win-win solution untuk kita semua,” tambahnya.

Wagub Emil kemudian menyebut, obrolan terkait hubungan antara kedua wilayah sudah ada sejak Oktober tahun 2022 lalu.

Pada saat itu, Wagub Emil tertarik akan kepemimpinan Gibran yang menurutnya tidak biasa.

“Saya ketemu Mas Walikota waktu acara Youth 20. Terus saya sampaikan kalau ada waktu, pengen ngobrol-ngobrol dan dengar pengalamannya dalam memimpin Solo. Beliau berangkat dari latar belakang seorang enterpreneur dan punya style yang menurut saya out of the box untuk mengatasi masalah-masalah dan hambatan birokrasi,” ujarnya.

Dari hasil pembicaraan yang dilakukan, Wagub Emil mengungkapkan bagaimana Gibran punya banyak ide untuk mempererat jalinan kerjasama Jawa Timur dan Surakarta. Antara lain pada sektor ekonomi, budaya, dan transportasi.

“Salah satu yang kami bicarakan adalah akses jalan. Beliau sudah koordinasi dengan Kementerian Perhubungan supaya dari sini ke Madiun tidak hanya enak naik mobil, tapi juga kereta api. Jadi diusahakan bagaimana jalurnya maupun gerbongnya bisa lebih optimal lagi,” pungkasnya./*Red

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*