RSUD Sosodoro Djatikoesomo: Hindari Kanker Pada Anak

JURNAL3.NET / BOJONEGORO – Melalui program Selamat Pagi (SaPa), Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan RSUD Sosodoro Djatikoesomo mengajak para orang tua untuk lebih cerdas menghindari kanker pada anak, edisi Rabu (22/2/2023).

Narasumber dr. RR. Khairiyah Amalia, Sp. A dokter spesialis anak di RSUD Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro emngatakan kanker pada anak merupakan masalah kesehatan yang sangat serius.

Kanker pada anak merupakan pertumbuhan dari sel atau jaringan yang tidak normal yang tumbuh secara terus menerus dan bertambah.

Sifatnya seperti mortal dan kebal. Kanker bisa menyusut juga ke jaringan-jaringan, dan ini sifatnya agresif sehingga pergerakannya akan cepat jika tidak dikenali secara dini.

“Tanda-tanda anak terkena kanker dapat bervariasi tergantung pada jenis kanker dan tingkat keparahan. Beberapa tanda yang umum terjadi pada anak adalah pucat, demam tanpa sebab, muntah berulang, dan lain-lain. Jenis kanker yang paling sering terjadi pada anak adalah kanker darah, kanker tulang, dan kanker getah bening. Beberapa faktor pemicu terjadinya kanker pada anak, yaitu genetik, zat kimia, virus, dan radiasi. Namun, tidak semua anak yang terpapar faktor pemicu tersebut akan mengalami kanker. Ada beberapa faktor lain, seperti gaya hidup sehat, yang dapat membantu mencegah terjadinya kanker pada anak,” jelasnya.

“Salah satu cara untuk mencegah terjadinya kanker pada anak adalah dengan mengikuti pola hidup sehat, atau CERDIK. CERDIK adalah singkatan dari Cek, Enyahkan, Olahraga, Diet Seimbang, Istirahat, dan Kelola Stress. Kanker pada anak juga bisa dicegah saat 1.000 hari masa emas anak. Pada masa ini, anak membutuhkan asupan nutrisi yang baik dan stimulasi yang memadai untuk mendukung perkembangan sel dan jaringan tubuh. Semakin dini kanker pada anak terdeteksi, maka semakin baik pula peluang kesembuhan, “tambahnya. /*Red

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*