Forum Kolaborasi SPBE se-Jatim Digelar di Malang

Forum Kolaborasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten/Kota se-Jawa Timur./*KominfoJatim

JURNAL3.NET / MALANG – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim) menggelar Forum Kolaborasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Kegiatan berlangsung di Kota Malang selama 2 (dua) hari, tanggal 7 hingga 8 Maret 2023.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono, menyampaikan pentingnya implementasi SPBE dalam seluruh proses bisnis yang dijalankan di Provinsi Jawa Timur.

“Seluruh proses bisnis harus dengan SPBE supaya bersih, akuntabel, transparan, sistemik, dan tidak tumpang tindih. Kominfo Jatim juga harus berperan membangun server bersama serta ekosistem data dan informasi untuk provinsi Jatim hingga kabupaten/kota se-Jatim,” ujarnya di depan peserta yang hadir secara luring dan daring, Selasa (7/3/2023).

Sekda Adhy pun menggarisbawahi beberapa hal penting, antara lain reformasi birokrasi, perbaikan sumber daya manusia (SDM), hingga implementasi platform digital Open Government Jatim.

“Kita ingin melihat semua data ada di Open Government Jatim. Semua link website bisa terhubung, sehingga kita bisa memotret di mana penduduk miskin yang rumahnya tidak layak, mana yang belum punya bantuan ekonomi, bagaimana pemetaan UMKM dll. Intinya semua data dalam satu genggaman,” terangnya saat membuka Forum Kolaborasi SPBE ini.

Senada, Kepala Diskominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin, melaporkan, maksud dari pelaksanaan Forum Kolaborasi SPBE ini adalah untuk mewujudkan kolaborasi dalam penerapan SPBE di seluruh Jawa Timur.

“Kemudian tujuan kegiatan ini adalah meningkatnya kualitas layanan publik dan administrasi pemerintahan di seluruh kabupaten/kota se-Jawa Timur,” kata Kadis Sherlita.

Adapun rangkaian kegiatan berupa pembahasan pemanfaatan platform Open Government Jawa Timur sebagai alat bantu pengambilan keputusan strategis pemerintah dan penyerahan Buku SPBE kepada Kepala Diskominfo Jatim.

Selain itu, kegiatan lainnya berupa penandatanganan kerja sama pemanfaatan aplikasi Survei Kepuasan Masyarakat Elektronik Jawa Timur (SuKMa-e Jatim) antara Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Ramliyanto dan Kepala Diskominfo Jatim, Sherlita.

Ada pula penyampaian materi tentang transformasi digital untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, pemanfaatan pusat data nasional untuk mewujudkan keterpaduan layanan SPBE, dan strategi persiapan evaluasi SPBE 2023. /*Red

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*