Pemilih Jokowi 2014 lari tak memilih Ahok

Hasil survey terbaru SPIN

Polda Metro Jaya membentuk satuan OTT money politics di Pilkada DKI Jakarta 2017./*ilustrasi

JURNAL3 | JAKARTA – Dalam rilis terbaru yang dikeluarkan oleh Survey dan Polling Indonesia (SPIN) disebutkan bahwa pemilih DKI Jakarta pada Pilpres 2014 sangat kuat ikut menentukan tingkat keterpilihan terhadap ketiga pasangan calon di perhelatan Pilkada DKI Jakarta 2017 ini.

Lebih lanjut rilis tersebut mengatakan bila dilihat dari pemilih yang memilih pasangan Jokowi-JK di Pilpres 2014 sifatnya cenderung cair.

“Pemilih Jokowi di Pilpres 2014 cenderung lebih cair, yaitu sebanyak 34 persen menyatakan akan memilih Agus Harimuti Yudhoyono (AHY) dan 10 persennya mendukung pasangan Anies Baswedan- Sandiaga Uno,” kata Direkturr SPIN Igor Dirgantara dalam konferensi persnya, di Jakarta Pusat, Rabu (08/02/2017).

Igor beralasan banyaknya pemilih atau pendukung Jokowi pada Pilpres yang ‘lari’ dengan tidak mendukung pasangan Basuki Tjahja Purnama alias Ahok-Djarot yang diusung partai presiden sendiri disebabkan berbagai faktor.

“Banyaknya pemilih Jokowi yang ‘lari’ memilih pasangan calon lain bisa berarti adanya ketidakpuasan terhadap kinerja pemerintahan presiden atau kecewa dengan pilihannya di Pilpres 2014 lali dan ingin memperbaiki pilihannya pasa Pilgub Jakarta sekarang ini,” jelas Igor.

Sementara itu, kata Igor mengatakan pemilih yang memilih pasangan Prabowo-Hatta pada 2014 cenderung solid, terlihat bahwa banyak pemilih di DKI Jakarta yang memilih Prabowo juga menentukan pilihannya sama dengan keputusan ketua umum DPP Partai Gerindra tersebut.

“Karena para pemilih Prabowo di Pilpres 2014 ternyata masih tetap mengikuti pilihan Prabowo di Pilgub 2017, yaitu Anies -Sandi sebesar 72.01 persen,” ungkap Igor.

Kali ini, survei melibatkan sebanyak 1102 responden, dengan teknik multistage ransom sampling. Dan, margin of error 3 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei pun diperoleh dengan wawancara melalui tata muka langsung dengan bantuan kuisioner.@andiherman

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*