Anak Muda Harus Tingkatkan Kapasitas Diri

Jurnal3.net / Bogor – Kelembagaan Mahasiswa Majelis Permusyawaratan Mahasiswa dan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Djuanda mengadakan kegiatan Seminar Nasional Kepemimpinan Pemuda Indonesia yang bertajuk “Meningkatkan Kapasitas Pemuda Indonesia Menyongsong Satu Abad Indonesia Merdeka 2045” di Ciawi Kabupaten Bogor Jawa Barat.

Seminar ini diikuti lebih dari 100 mahasiswa dari 28 perguruan tinggi negeri maupun swasta di Seluruh Indonesia melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang berlangsung di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kapasitas ilmu pengetahuan dan jaringan pertemanan mahasiswa Indonesia.

Agar, mahasiswa Indonesia memiliki jaringan komunikasi yang lebih meluas dan penguatan jaringan akses nasional. Budiyanto memastikan, Regenerasi kepemimpinan mutlak akan terjadinya makanya kaderisasi harus dilakukan.

Ia menyebutkan, Pemuda Indonesia hari ini adalah pemimpin bangsa masa mendatang, khususnya di tahun 2045 tepat satu abad Indonesia merdeka, makanya pemuda Indonesia harus terus melakukan peningkatan kapasitas keilmuan.

“Bagaimana strategi peningkatan kapasitas yang harus dilakukan pemuda Indonesia. Diantaranya, adalah tingkatan strata pendidikan, peningkatan wawasan ilmu pengetahuan, memperluas dan memperkuat jaringan pertemanan (networking), penguasan teknologi tepat guna kekinian, menguasai informasi dan mampu berkomunikasi secara interaktif

Memiliki jiwa kepemimpinan dan kerjasama yang baik, mampu mengimplementasikan ide dan konsep gagasan menjadi program kerja nyata. Yang mampu bisa dirasakan dan sebagai soluasi bagi permasalahan di masyarakat,” tutur Budiyanto, dikutip dari rilis terima media jurnal3.net. Kamis (16/12).

“Mampu melakukan manajemen pengelolaan semua program rencana aksi secara sistemik, terukur, terstruktur, berkelanjutan, berjangka panjang, dan bermanfaat bagi pembangunan masyarakat,” tuturnya. (dayat)

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*